DPR Desak Pemerintah Segera Tambah Kuota BBM Pertalite dan Solar

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Agustus 2022, 18:11
pertalite, solar, bbm, kementerian esdm
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah kendaraan antre mengisi BBM jenis Pertalite dan Pertamax di salah satu SPBU Pejompongan, Jakarta, Selasa (23/8).

Komisi VII DPR mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera merealisasikan tambahan kuota BBM bersubsidi. Kuota pertalite diharapkan naik menjadi 29 juta kilo liter (kl) dan solar menjadi 17,39 juta kl.

Desakan itu muncul lantaran pemerintah belum menindaklanjuti kesepakatan penambahan kuota BBM bersubsidi dalam Rapat Kerja antara Komisi VII dan Menteri ESDM pada 14 Apri.

Anggota Komisi VII Fraksi Partai Golongan Karya Mukhtarudin, khawatir kuota BBM subsidi tahun ini jebol atau tak sanggup memenuhi konsumsi masyarakat.

Pertamina telah menyalurkan 16,8 juta kl pertalite dari total kuota 23 juta kl atau sekitar 73%. Artinya, tersisa 27% atau 6,2 juta kl yang diharapkan bisa memenuhi permintaan hingga Desember.

Sedangkan penyaluran solar mencapai 66,4% atau 9,9 juta kl dari total kuota 14,9 juta kl. Artinya, tersisa 33,6% atau 5 juta kl sampai akhir tahun.

Berdasarkan data tersebut, rata-rata konsumsi pertalite 2,4 juta kl dan solar 1,41 juta kl per bulan.

"Kami agak khawatir kuota BBM subsidi ini jebol pada 2022," ujar Mukhtarudin dalam Rapat Kerja dengan Kementerian ESDM, Rabu (24/8).

“Hasil kuputusan rapat Komisi VII bersama pemerintah kemarin itu mengikat, tapi pemerintah tidak merealisasikannya. Ini tambahan kuota tidak direalisasikan kenapa?” tanyanya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...