Daftar Negara Eropa Borong Batu Bara Indonesia Imbas Krisis Energi

Desy Setyowati
28 Agustus 2022, 13:41
batu bara, eropa, rusia
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Polandia mengimpor batu bara dari Indonesia di saat warganya mengantre berhari-hari untuk mendapatkan komoditas ini. Ada beberapa negara lain di Eropa yang membeli dari Tanah Air.

Kurangnya pasokan terjadi Uni Eropa mengembargo impor dari Rusia pada Februari. Ini sebagai sanksi karena invasi Moskow ke Ukraina.

Imbas kebijakan itu, lusinan mobil dan truk berbaris di tambang batu bara Lubelski Wegiel Bogdanka. Mereka mengantre untuk mendapatkan batu bara guna persiapan menghadapi musim dingin.

Petani Piotr Maciejewski (61 tahun) mengantre selama Selasa (23/8) hingga Jumat (26/8). "Traktor saya tetap dalam antrean, saya akan pulang untuk tidur," katanya dikutip dari VOA, Minggu (28/8).

Seorang pensiunan Artur (57 tahun) berkendara dari Swidnik sekitar 30 kilometer dari tambang di Polandia timur pada Selasa (23/8), berharap dapat membeli beberapa ton batu bara untuk dirinya dan keluarga.

"Toilet dipasang hari ini, tetapi tidak ada air yang mengalir," kata Artur setelah tiga malam tidur di mobil hatchback merahnya yang kecil.

"Ini di luar imajinasi. Orang-orang tidur di mobil mereka. Saya ingat masa komunis, tetapi tidak terlintas dalam pikiran saya bahwa kami bisa kembali ke sesuatu yang lebih buruk,” tambah dia.

Ia hanya satu dari 3,8 juta keluarga di Polandia yang bergantung pada batu bara untuk pemanas. Mereka menghadapi kekurangan pasokan dan kenaikan harga baru bara, setelah kebijakan embargo ke Rusia.

Selain Polandia, sejumlah negara di Eropa mengincar batu bara dari Indonesia imbas krisis energi. Mereka di antaranya:

1. Polandia

Polandia melarang pembelian batu bara dari Rusia pada April. Sedangkan negara di Eropa ini biasanya mengimpor sebagian besar batu bara dari Rusia.

Negara itu hanya memproduksi lebih dari 50 juta ton dari tambang sendiri setiap tahun. Melonjaknya permintaan memaksa Bogdanka dan tambang lain milik negara untuk menbatasi penjualan.

Perusahaan tambang milik negara juga menawarkan bahan bakar kepada pembeli individu melalui platform online, dalam jumlah terbatas.

Perwakilan tambang Bogdanka Dorota Choma menyampaikan, perusahaan berencana menjual bahan bakar untuk sekitar 250 rumah tangga pada Jumat (26/8). Kebijakan ini diterapkan selama akhir pekan untuk memangkas waktu tunggu.

“Batasan tersebut diberlakukan untuk mencegah penimbunan dan pencatutan, atau bahkan menjual tempat dalam antrian,” kata Choma dikutip dari Reuters.

Kepala Kamar Dagang Batu bara Polandia Lukasz Horbacz mengatakan, penurunan impor dari Rusia dimulai pada Januari ketika Moskow mulai mengirim tentara ke Ukraina. "Tetapi alasan utama dari kelangkaan ini adalah embargo yang langsung berlaku. Itu membuat pasar terbalik," ujarnya kepada Reuters.

Dalam beberapa tahun terakhir, Polandia menjadi kritikus paling vokal terhadap kebijakan iklim Uni Eropa. Mereka terus mendorong penggunaan batu bara yang menghasilkan 80% dari listrik di negara itu.

Tetapi produksi batu bara terus menurun seiring dengan meningkatnya biaya penambangan di tingkat yang lebih dalam. Sedangkan konsumsinya tetap stabil.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...