Jokowi Ingin Tiga Unicorn Baru, Menteri Kominfo Siapkan Empat Strategi
Indonesia telah memiliki empat unicorn dan satu decacorn. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin ada tiga unicorn baru hingga 2024. Untuk mencapai target itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate menyiapkan empat strategi.
Unicorn merupakan sebutan bagi startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,7 triliun. Sedangkan decacorn memiliki valuasi melebihi US$ 10 miliar atau setara Rp 137 triliun.
Gojek sudah menjadi decacorn. Indonesia juga memiliki empat unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO. (Baca: Kominfo Isyaratkan Unicorn & Decacorn Baru 2020, Ini Startup Potensial)
Johnny Plate optimistis bisa mencapai target tiga unicorn baru selama 2019-2024. “Yang centaur kan bakal naik kelas,” kata dia di kantornya, Jakarta, Senin malam (10/2). Centaur merupakan startup bervaluasi lebih dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,37 triliun.
Strategi pertama untuk mencapai target tersebut yakni membuat regulasi yang berfokus mendorong startup ‘naik kelas’. Hanya, ia tidak memerinci aturan-aturan yang dimaksud.
Kedua, pemerintah menyiapkan infrastruktur seperti palapa ring dan satelit di sektor telekomunikasi. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa menikmati internet dan layanan berbasis digital.
Ketiga, kementerian membuat program untuk mempertemukan startup dengan investor. Terakhir, menyelenggarakan program edukasi untuk meningkatkan jumlah talenta digital.