Tiga Operator Proyeksi Trafik Data Naik 30% Selama Mudik Lebaran

Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren menyiapkan jaringan 4G untuk mengantisipasi kenaikan permintaan layanan data selama musim mudik lebaran.
Cindy Mutia Annur
29 Mei 2019, 16:20
Layanan data naik selama mudik lebaran, Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren, Trafik Data, Mudik Lebaran 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren memperkirakan, permintaan layanan data naik hingga 30% selama musim mudik lebaran.

Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren memperkirakan, trafik data meningkat hingga 30% selama musim mudik Lebaran 2019. Ketiga perusahaan telekomunikasi ini pun mempersiapkan kapasitas jaringannya, supaya bisa memenuhi kenaikan permintaan layanan data tersebut.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah memperkirakan, trafik data meningkat 21% selama musim mudik lebaran dibandingkan hari biasanya. Bila dibandingkan musim mudik lebaran tahun lalu ada kenaikan trafik data 66%.

Menurut dia, kenaikan penggunaan layanan data didorong oleh perilaku pengguna yang gemar mengunggah foto dan video di lokasi mudik dan wisata ke media sosial dan aplikasi pesan instan. “Penggunaan layanan data mendomanasi aktivitas pemudik dan wisatawan di Indonesia,” ujar dia kepada Katadata.co.id, Rabu (29/5).

(Baca: XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran)

Advertisement

Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata. Sebagian pengguna lainnya menggunakan layanan data untuk membuka platform hiburan seperti video, musik, dan gim online.

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Telkomsel telah menambah 10 ribu base transceiver station (BTS) 4G di seluruh pita frekuensinya. "Kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” ujar Ririek.

Selain itu, Telkomsel mengoperasikan 70 mobile BTS. Telkomsel juga menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menaikan kapasitas sistem IT dan layanan isi ulang pulsa.

Sekadar informasi, Ririek resmi menjadi Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)  pada hari ini (29/5), Emma Sri Martini menjabat sebagai Dirut Telkomsel menggantikan Ririek.

(Baca: Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran)

XL Axiata juga memperkirakan, layanan data naik hingga 30% selama musim mudik lebaran tahun ini. "Untuk kesiapan jaringan menyambut Lebaran, kami telah meningkatkan kapasitas baik di jaringan inti, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih.

Trafik layanan SMS diperkirakan naik 10% selama musim mudik lebaran. Sedangkan layanan panggilan diproyeksi naik lima persen. Menurut Tri, kenaikan trafik kedua layanan relatif stabil dibanding hari biasa. Sebab, mayoritas pelanggan beralih ke layanan data.

Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan layanan data, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan inti secara menyeluruh. Utamanya, penambahan kapasitas dilakukan di radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur atau hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Selain itu, XL Axiata menambah upstream menjadi 1,5 kali lipat melalui dua pertukaran jaringan yang melintasi Singapura dan Australia. Operator ini juga menyiapkan 50 mobile BTS dan 10 ribu BTS baru di jalur dan tujuan mudik, serta tempat wisata.

"Kami juga akan melakukan optimalisasi dan rebalancing jaringan, yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran seperti di tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tujuan wisata," ujarnya.

(Baca: Telkomsel, Indosat hingga XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran)

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim juga memperkirakan trafik layanan data naik 30% selama Juni, khususnya musim mudik Lebaran. Karena itu, Smartfren telah menambah kapasitas back dan backhaul 50% di beberapa area di Indonesia. "Untuk daerah tertentu yang mendesak, kami memobilisasi  100 unit tower sementara (cell on wheel) sembari menunggu tower permanen siap terpasang," ujarnya.

Secara keseluruhan, ia menyampaikan bahwa trafik layanan data di perusahannya naik hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu. "Kami, selama 10 bulan terakhir terus meningkatkan kapasitas jaringan kami, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri" ujar Djoko.

Sebelumnya, Chief Technology Officer Indosat Ooredo Dejan Kastelic memproyeksikan trafik data akan naik 15-20% selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.  Indosat pun telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte per hari. Indosat juga mempersiapkan kapasitas jaringan telekomunikasinya dengan membangun infrastruktur jaringan 4G Plus.

(Baca: Polri Minta Kominfo Tingkatkan Koneksi Internet di Jalur Mudik)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait