Hasil Riset: Pertumbuhan Trafik Situs Katadata Tertinggi ke-2 di RI

Pertumbuhan pengunjung unik situs Katadata.co.id mencapai 243% sepanjang Januari 2018 hingga Januari 2019.
Desy Setyowati
15 Maret 2019, 12:57
Katadata Forum 2018
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Peluncuran buku Mengejar Fajar menyajikan berbagai cerita dan fakta di balik penyelamatan bank bobrok tersebut (Bank Century). Bahan utamanya berpijak pada ratusan dokumen otentik, video, dan rekaman pembicaraan di sejumlah rapat. Juga ada kesaksian para sumber kunci.

Portal berita Katadata.co.id mengalami pertumbuhan pengunjung unik tercepat kedua di Indonesia sepanjang Januari 2018 hingga Januari 2019.  Hal ini berdasarkan studi ilmuOneData tentang industri situs berita online di Indonesia.

ilmuOne Data menggunakan data dari Comscore dalam kajian ini. Comscore merupakan analytics software dengan lebih dari 100 juta populasi digital milik comScore Inc, yang memberikan marketing insights untuk media di berbagai industri. Pengunjung unik adalah individu yang mengunjungi suatu media atau kategori pada bulan atau periode pelaporan tertentu.

Posisi pertama ditempati oleh kumparan.com dengan pertumbuhan pengunjung unik 272% pada tahun lalu. “Kedua ditempati oleh Katadata.co.id dengan 243%, lalu disusul oleh Beritagar.id yang tumbuh 152%. “Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Techinasia.com 130% dan  JPNN.com 96%,” demikian dikutip dari laporan ilmuOne Data yang bertajuk ‘The Multi-Platform Digital Population Landscape in Indonesia’, Jumat (15/3).

(Baca: Tokopedia dan Bukalapak Jadi Situs Belanja Paling Ramai di Akhir 2018)

Advertisement

Riset ilmuOne Data menunjukkan bahwa pertumbuhan Total Unique Visitors (TUV) industri kabar berita online di Indonesia mencapai 27,7% sepanjang Januari 2018-Januari 2019. Pertumbuhan tertinggi dialami kumparan.com, yang TUV awalnya 1,7 juta lalu meningkat menjadi 6,5 juta per Januari 2019.

(Baca: Konsumen E-Commerce Paling Betah Buka Shopee dan MAPemall)

Meski begitu, dari segi jumlah kunjungan per bulannya,  Tribunnews.com menempati posisi pertama. Comscore mencatat, jumlah kunjungan situs Tribunnews.com mencapai 31,9 juta per bulannya.

Lebih spesifik lagi, Uzone.id menduduki peringkat pertama dengan dalam hal lama kunjungan rata-rata per bulan atau Average Minutes per Visitor (AMV). Sebab, rerata pengunjung Uzone.id mengunjungi situs ini hingga 63 menit per bulan.

Secara grup, ada tiga konglomerat kabar berita dengan TUV terbesar di Indonesia yakni Kompas Gramedia sebanyak 38,8 juta, KLY Kapanlagi Youniverse 26,7 juta, dan Trans Media 23,8 juta. Bila digabungkan TUV-nya, ketiga konglomerat ini memonopoli 50% populasi digital di Indonesia. Dengan kata lain, satu dari dua penduduk Indonesia mengunjungi setidaknya satu kali salah satu dari media berita milik ketiga grup itu.

Kontribusi TUV terbesar Kompas Gramedia datang dari Tribunnews.com, Kompas.com, dan Grid.id. Sedangkan untuk KLY, kontributor terbesarnya adalah Liputan6.com, Kapanlagi.com dan Merdeka.com. Sementara Trans Media, kunjungan terbanyak datang dari Detik.com, CNNIndonesia.com dan CNBCIndonesia.com.

ilmuOne Data adalah konsultan mandiri terkait konsultasi analitik data dan digital. Penggunanya adalah perusahaan teknologi dan data dunia, yang membutuhkan solusi data analitik lokal. Untuk menyelesaikan studi industri ini, ilmuOne Data memanfaatkan data comScore Inc. comScore Inc merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang pengukuran dan analitik media guna meningkatkan nilai audiens dan periklanan.

Dalam studi ini, ilmuOne Data menganalisa perilaku pengguna desktop rumah dan kantor berumur enam tahun ke atas. ilmuOne Data juga menganalisis perilaku pengguna ponsel pintar (smartphone) dan tablet Android berusia 18 tahun ke atas, melalui comScore. Studi ini mencakup data peringkat, monopoli market, pertumbuhan dan intensitas interaksi atau keterlibatan pengunjung setiap media yang dapat dikategorikan sebagai media berita daring.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait