Startup Kemanayo Incar Pasar yang Ingin Segera Berwisata saat Pandemi

Fahmi Ahmad Burhan
16 Juni 2021, 15:45
Startup Kemanayo Incar Pasar yang Ingin Segera Berwisata saat Pandemi
Kemanayo
Aplikasi Kemanayo

Riset dari perusahaan analisis pemasaran, AppsFlyer menunjukkan bahwa aktivitas wisata diprediksi meningkat tahun ini. Oleh karena itu, Mahitala Bramanta Digital meluncurkan aplikasi perencana perjalanan, Kemanayo pada Januari.

Direktur Kemanayo Rizal Azhar mengatakan, aplikasi itu menawarkan perjalanan wisata secara personal. Pengguna dapat memilih rencana perjalan (itinerary) yang tersedia tematik di platform.

Perusahaan menyediakan tema rencana perjalanan Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Jayapura hingga Bali.

Kemanayo menggandeng kontributor perjalanan (travel contributor) seperti travel enthusiast, pemandu wisata (tour guide), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga masyarakat lokal di setiap destinasi wisata.

Pengguna bisa membeli rencana perjalanan yang ditawarkan oleh kontributor. Sedangkan Kemanayo memberikan 50% dari nilai transaksi kepada kontributor.

Rizal mengklaim, Kemanayo menambah penghasilan bagi pemandu wisata dan UMKM secara langsung. “Ketika mereka memberikan rencana perjalanan, ada transaksi dan bagi hasil," kata Rizal saat konferensi pers virtual, Selasa (15/6).

Aplikasi itu juga menawarkan layanan informasi wisata rekomendasi dan agregator produk agen perjalanan, restoran, transportasi hingga akomodasi.

Rizal mengatakan, jumlah pengguna melonjak dua kali lipat per bulan sejak dirilis Januari lalu. "Mereka mencari informasi perjalanan dan mengurasinya. Gaya (berwisata) sudah tidak seperti dulu," ujar Rizal.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...