Bos Samsung Kunjungi AS, Diduga soal Pembangunan Pabrik Cip Rp 242 T

Wakil ketua Samsung Electronics Jay Y Lee mengunjungi Amerika Utara, setelah menjalani hukuman penjara soal penyuapan. Perjalanan ini diduga terkait pembangunan pabrik cip sekitar Rp 242 triliun.
Desy Setyowati
15 November 2021, 13:19
samsung, amerika serikat, cip, vaksin
KATADATA/
Logo Samsung

Wakil ketua Samsung Electronics Jay Y Lee mengunjungi Amerika Utara, setelah menjalani hukuman penjara soal penyuapan. Perjalanan ini diduga terkait pembangunan pabrik cip (chipset) di Amerika Serikat (AS) US$ 17 miliar atau sekitar Rp 242 triliun.

Lee meninggalkan Seoul pada Minggu untuk berkunjung ke Kanada dan AS. “Diperkirakan bertepatan dengan keputusan lokasi pabrik baru,” demikian isi laporan Yonhap dan media lokal lain dikutip oleh South China Morning Post (SCMP), Senin (15/11).

Sumber Reuters menyampaikan, salah satu lokasi yang dipertimbangkan oleh Samsung yakni Williamson County Texas dekat kota Taylor.

Samsung berencana membuat komputasi terkecil dan tercepat lewat pabrik tersebut. Perusahaan telah mengajukan dokumen perizinan kepada pejabat negara bagian Texas.

Advertisement

Perusahaan juga sudah menyiapkan lahan 650 ribu meter persegi untuk membangun pabrik. Rencananya, pabrik dibangun pada kuartal II dan diharapkan bisa beroperasi pada kuartal III 2023.

Sejak Wakil Ketua Samsung Kim Kinam mengonfirmasi rencana pabrik cip pada Mei, Samsung telah membandingkan insentif dan mencari tahu siapa yang membayar apa di tanah yang proses pengalihan kepemilikannya rumit.

“Produsen ponsel pintar (smartphone) itu juga mempertimbangkan jumlah utilitas stabil yang tersedia seperti air dan listrik,” kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

 

 

Hal itu karena pabrik cip Samsung di Austin, Texas, dihantam badai musim dingin pada kuartal pertama. Kini, perusahaan mengkaji utilitas yang stabil dalam menentukan lokasi pembangunan pabrik baru.

Selain Texas, Samsung mencari lokasi alternatif di Arizona dan New York. Sejauh ini, Samsung mengkaji ketiga lokasi ini karena mempertimbangkan akses talenta digital, ekosistem cip, dan kecepatan pemasaran.

Samsung menargetkan Texas juga karena ingin mendapatkan pengurangan pajak gabungan US$ 805,5 juta selama 20 tahun. Ini karena pembangunan pabrik cip itu diklaim dapat menciptakan 1.800 lapangan pekerjaan baru.

Wacana pembangunan pabrik itu pun digulirkan saat cip langka akibat sanksi Trump kepada perusahaan semikonduktor Cina Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC). Huawei bahkan harus menyetop produksi cip per September tahun lalu, karena tekanan dari mantan presiden AS tersebut.

Samsung pun kebanjiran permintaan cip sejak akhir tahun lalu. Permintaan cip yang tinggi tersebut bukan hanya dari vendor ponsel, tetapi juga produsen mobil listrik.

Mereka beralih ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), setelah Trump memasukkan  SMIC ke daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan dan keamanan.

"Saya akan bertemu banyak mitra AS," kata Lee kepada wartawan sebelum penerbangan dari Seoul pada Minggu. Dia juga berencana mengunjungi Boston, di mana kantor pusat pembuat vaksin Covid-19 Moderna berada.

Bulan lalu, Korea Selatan memberikan persetujuan penggunaan darurat vaksin Moderna. Kantor Kepresidenan Negeri Ginseng memang meminta Lee membantu negara mendapatkan cip dan vaksin corona.

Permintaan itu disampaikan setelah Lee dibebaskan bersyarat pada Agustus. Ia sebelumnya dinyatakan bersalah pada Januari karena penyuapan dan penggelapan dan dijatuhi hukuman 30 bulan penjara.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait