East Ventures, Emtek, Sinar Mas Suntik Startup Influencer TipTip

Lenny Septiani
28 November 2022, 10:58
TipTip, startup, east ventures, emtek, sinar mas
East Ventures
TipTip

East Ventures memimpin pendanaan seri A kepada startup penyedia platform untuk kreator konten (content creator) TipTip US$ 13 juta atau skitar Rp 205 miliar. Investor lain yang berpartisipasi yakni Vertex, SMDV, B.I.G Ventures, dan lainnya.

SMDV atau Sinar Mas Digital Venture merupakan modal ventura milik konglomerat Sinar Mas. Selain East Ventures dan SMDV, Elang Mahkota Teknologi alias Emtek berinvestasi di TipTip.

Startup TipTip sebelumnya mendapatkan pendanaan tahap awal (seed) US$ 10 juta pada awal tahun ini.

Pendiri sekaligus CEO TipTip Albert Lucius menyampaikan, pendanaan seri A US$ 10 juta tersebut kelebihan permintaan alias oversubscribed. “Kami akan menggunakan dana ini untuk mempercepat pengembangan platform,” kata dia dalam keterangan pers, Senin (28/11).

“Selain itu, untuk diversifikasi produk dan memposisikan TipTip sebagai platform terkemuka bagi konten kreator di Asia Tenggara,” tambah dia.

Andre mendirikan TipTip pada Oktober 2021. Tujuannya, memberikan solusi bagi kesenjangan monetisasi yang dihadapi oleh para kreator konten di Asia Tenggara.

TipTip merupakan marketplace yang menghubungkan para kreator konten dengan para pengikut (follower). Sejak meluncurkan platform pada Juli, TipTip mencatatkan peningkatan pendapatan lebih dari 20 kali lipat selama Oktober – November.

Startup itu sudah menggaet lebih dari 2.500 kreator konten dan 30 ribu pengguna. TipTip optimistis bisa menggaet 30 ribu lebih kreator konten tahun depan. Sedangkan jumlah pengguna diprediksi tembus 300 ribu.

TipTip mengklaim, rerata kreator konten memperoleh sekitar Rp 3 juta sejak sebulan bergabung aktif. Penghasilan diperoleh dengan cara menjual langsung konten atau menggelar siaran langsung (live streaming).

Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf mengatakan bahwa para petinggi startup itu berpengalaman dan berasal dari seluruh Asia Tenggara. “Saya sangat memahami kondisi ekosistem kreator saat ini dan langsung memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi mereka di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia,” ujar mantan kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca optimistis dengan kepemimpinan dan pengalaman Albert membangun Kudo. Kudo merupakan penyedia platform pembayaran online to offline (O2O), yang diakuisisi oleh Grab pada 2017.

“Kami berharap TipTip terus melanjutkan pertumbuhan signifikan dengan tetap menerapkan strategi hyperlocal yang terbukti diadaptasi dengan baik, serta membawa perubahan perilaku bagi konsumen maupun kreator konten pasca-Covid-19,” ujar Willson.

“Kami melihat adanya potensi perkembangan yang lebih besar lagi dan kami sangat optimistis untuk terus mendukung TipTip,” tambah dia.

Managing Partner of Vertex Joo Hock Chua menambahkan, pendekatan ekosistem kreator-supporter-promotor yang dilakukan oleh TipTip dinilai sangat cocok untuk memasuki pasar Indonesia.

“TipTip memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan solusi utama dalam masalah yang dihadapi para kreator konten, yaitu monetisasi. Dengan dukungan TipTip mereka dapat memonetisasi langsung konten tanpa harus bergantung pada algoritme atau iklan,” ujar dia.


Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait