Jurus JD.ID Saingi Shopee – Tokopedia, Buat Gerai Produk Gaya Hidup

Fahmi Ahmad Burhan
28 September 2021, 14:47
jd.id, shopee, tokopedia, e-commerce
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Pengunjung mempraktikkan pemanfaatan platform penjualan digital (e-commerce) JD.ID di Paris van Java Mall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021).

JD.ID gencar mengembangkan gerai offline di Indonesia di tengah persaingan dengan Shopee hingga Tokopedia. Toko anyar ini berfokus pada produk gaya hidup (lifestyle) dan diberi nama YOJI.

E-commerce bernuansa merah itu meresmikan gerai offline baru pada pekan lalu (22/9). Toko ini berlokasi di Ashta District 8, SCBD, Jakarta Selatan dengan luas 140 meter persegi.

Head of Offline Business JD.ID Eyvette Tung mengatakan, YOJI berfokus menyediakan produk gaya hidup dan teknologi. Barang yang ditawarkan merupakan produk eksklusif pilihan dari berbagai merek (brand). 

Ada juga merchandise eksklusif dari JD.ID pada kategori lifestyle untuk koleksi fashion, kecantikan, dan rumah tangga (home living).

Pelanggan dapat menikmati layanan belanja langsung di YOJI, namun transaksinya secara mandiri dan online. JD.ID membuat konsep virtual market dengan tampilan layar LED Interactive Screen. 

Konsumen juga mendapatkan opsi lebih banyak dalam bertransaksi. Pelanggan bisa bertransaksi digital secara langsung, melakukan self-pick up di toko, atau memilih instant delivery ke alamat masing-masing.

Eyvette mengatakan, JD.ID gencar mengembangkan gerai offline sejak 2018. Sebelumnya, e-commerce ini membuat gerai offline bernama JD Hub yang memiliki konsep minimarket, yang menawarkan kebutuhan sehari-hari. 

Ada juga Wellio yang menjual berbagai peralatan elektronik dan produk kebutuhan rumah tangga.

Menurut Eyvette, strategi itu dilakukan karena JD.ID ingin mempunyai model bisnis yang unik di sektor e-commerce. "Dengan dua platform kuat, online dan offline yang terintegrasi," katanya dalam siaran pers, Selasa (28/9).

Pengembangan gerai offline juga merupakan strategi jangka panjang JD.ID. "Kami ingin memberikan ikatan personal yang bermakna dengan para pelanggan di manapun dan bagaimanapun mereka memilih untuk berbelanja," katanya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...