TikTok: Potensi Bisnis Belanja Live Streaming Indonesia Rp 405 Triliun
TikTok menyebut potensi bisnis belanja live streaming atau shoppertainment di Indonesia US$ 27 miliar atau sekitar Rp 405 triliun pada 2025. Di Asia Pasifik, nilainya bisa mencapai US$ 1 triliun.
Data tersebut berdasarkan studi TikTok dan Boston Consulting Group (BCG) yang bertajuk ‘Shoppertainment: APAC's Trillion-Dollar Opportunity’ di seluruh pasar Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Jepang.
Head of Global Business Solutions, Asia Pacific, Middle East, Africa & Central Asia TikTok Shant Oknayan menjelaskan shoppertainment adalah perdagangan berbasis konten menghibur dan mendidik.
“Menggabungkan konten dan komunitas untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang sangat mendalam,” ujar Shant dalam Media Briefing TikTok Shoppertainment Summit 2023 di Jakarta, Rabu (5/7).
Pendekatan cara belanja itu menciptakan cara yang menarik bagi brand untuk mengubah interaksi mereka dengan konsumen melalui format ‘video-first, sound-on’.