Riset: 4 Beda TikTok Shop dengan Shopee hingga Tokopedia

Lenny Septiani
22 Agustus 2023, 14:35
TikTok, Tokopedia, Shopee, lazada
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok Shop diperkirakan mencatatkan pangsa pasar 13,2% di Asia Tenggara tahun ini, menurut data Momentum Works. Setidaknya ada empat hal yang membedakan perusahaan asal Cina ini dengan Shopee, Lazada hingga Tokopedia.

Keempat hal tersebut di antaranya:

1. TikTok memiliki traffic alami

“Ini membantu TikTok Shop menghemat biaya akuisisi dan retensi,” kata Momentum Works dalam keterangan pers, Senin (21/8).

2. TikTok berbasis rekomendasi ketimbang pencarian

3. TikTok didorong oleh konten

“Pihak yang menangani konten seperti pembuat konten dan Multi Channel Network atau MCN memainkan peran kunci dalam ekosistem,” ujar venture outfit yang berbasis di Singapura itu.

Momentum Works merupakan perusahaan yang berfokus mengembangkan kerja sama strategis di bidang teknologi, dengan cara membangun usaha bersama, menjadi rekan konsultasi, serta memberikan insights.

4. TikTok tidak memiliki infrastruktur pembayaran dan fulfillment alias gudang

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...