Gojek & Startup Warung Digital Bocorkan Data Tren Belanja saat Ramadan

Fahmi Ahmad Burhan
7 April 2022, 13:32
ramadan, tren ramadan, belanja ramadan, takjil ramadan, gojek, goto, warung, sirclo, startup
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
Pedagang menjual hidangan buka puasa saat pembukaan acara Pasar Takjil UMKM di kawasan Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/4/2022).

Gojek, GoTo Financial, startup digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sirclo hingga startup logistik Shipper dan Ninja Xpress mengungkapkan perubahan tren belanja online saat ramadan. Mereka juga membagikan tips untuk mendongkrak penjualan.

Dalam ebook dan series podcast bertajuk Lika Liku Laku, Gojek dan GoTo Financial memperkirakan penjualan produk busana dan kecantikan meningkat selama ramadan. Kategori produk ini melonjak 285% saat ramadan tahun lalu.

Rata-rata pendapatan mitra usaha sektor retail busana dan kecantikan juga meningkat 107% selama ramadan tahun lalu.

Tren lainnya, geliat bisnis offline mulai bangkit. Ini terjadi seiring konsumen yang mulai mempersiapkan koleksi baju baru untuk lebaran. 

Gojek dan GoTo Financial mencatat, belanja konsumen menggunakan GoPay di gerai offline didominasi oleh kategori busana dan kecantikan saat ramadan tahun lalu. Disusul oleh produk kesehatan dan peralatan rumah tangga. 

Transaksi produk hiburan digital juga melonjak 78% selama ramadan tahun lalu. Penjualan pulsa meningkat 16% dan game 4%.

Pada ramadan 2021, pesanan GoFood meningkat sekitar 17% saat menjelang buka puasa. Selain itu, pesanan meroket 179% saat sahur.

"Tren ini membantu UMKM dalam menentukan strategi efektif selama ramadan dengan memahami tren data, termasuk menentukan kapan dan bagaimana meningkatkan penjualan produk di berbagai kanal," kata Group Head Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial Bayu Ramadhan dalam siaran pers, hari ini (7/4).

Gojek dan GoTo Financial menyarankan UMKM berinovasi pada menu-menu makanan dan minuman yang diminati masyarakat saat buka puasa. Beberapa di antaranya makanan pokok aneka nasi, siap saji, dan aneka ayam-bebek.

Permintaan makanan internasional seperti piza, pasta, dan aneka makanan Jepang juga melonjak. 

UMKM disarankan mengandalkan promosi melalui GoFood. Ini untuk meningkatkan jangkauan pelanggan selama ramadan.

Berdasarkan data internal Sirclo, jumlah transaksi di Sirclo Store meningkat hampir 80% saat ramadan tahun lalu. Mitra penjual yang diminati yakni fashion.

Sirclo Store merupakan dasbor toko online untuk UMKM berjualan di berbagai platform, termasuk website, marketplace, dan chat commerce. Sedangkan Sirclo menyediakan solusi omnichannel e-commerce yang berfokus pada tiga layanan yakni bagi enterprise, wirausaha dan UMKM, serta model bisnis new retail seperti warung.

Sirclo menggaet lebih dari 150 ribu brands, 500 ribu lebih pemilik warung, dan lebih dari 25 juta konsumen akhir, dan lebih dari 80 titik distribusi.

“Tren yang terlihat di data Sirclo, setiap kali ramadan dan Idul Fitri tiba, transaksi belanja online selalu menunjukkan peningkatan pesat. Penting bagi para pemilik bisnis memanfaatkan momentum ini untuk memaksimalkan keuntungan,” kata CEO Entrepreneur Solutions Sirclo Ferry Tenka dalam keterangan pers.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...