Eropa Minta Google, Facebook, Netflix Biayai Infrastruktur Internet

Lenny Septiani
2 Agustus 2022, 15:23
facebook, netflix, eropa, Google
Pixabay
Kantor Google

Uni Eropa meminta raksasa teknologi seperti Google, induk Facebook yakni Meta hingga Netflix untuk ikut patungan membiayai infrastruktur telekomunikasi. Ini utamanya disampaikan oleh pemerintah Prancis, Italia, dan Spanyol.

Ketiga negara itu meningkatkan tekanan terhadap Komisi Eropa untuk membuat undang-undang yang memastikan raksasa teknologi turut membiayai sebagian infrastruktur internet.

Advertisement

Regulator Eropa mengatakan pada Mei, mereka sedang menganalisis pertanyaan apakah raksasa teknologi seperti Google, Meta, dan Netflix harus menanggung sebagian biaya untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi.

Dalam dokumen bersama, pemerintah Prancis, Italia, dan Spanyol mengatakan bahwa enam penyedia konten terbesar menyumbang 55% traffic internet.

“Ini menghasilkan biaya khusus untuk operator telekomunikasi Eropa dalam hal kapasitas, saat mereka sudah sangat berinvestasi di bagian jaringan yang paling mahal dengan adanya 5G dan Fiber-To-The-Home,” demikian isi dokumen itu dikutip dari Reuters, Senin (1/8).

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement