Wuling Almaz RS, SUV Pintar Berjejal Inovasi Terkini

Krisna Arie Prasetya
Oleh Krisna Arie Prasetya - Tim Publikasi Katadata
10 Agustus 2022, 11:25
Wuling Almaz RS merupakan The First Intelligent Digital Car. Fitur pintar yang dibenamkan dalam kendaraan memberikan kemudahan bagi pengendara.
Katadata
Wuling Almaz RS merupakan The First Intelligent Digital Car. Fitur pintar yang dibenamkan dalam kendaraan memberikan kemudahan bagi pengendara.

Wuling Almaz RS yang diluncurkan pada Maret 2021 sukses membuat persaingan SUV (Sport Utility Vehicle) segmen medium semakin berwarna. Mobil yang berjubel fitur baru nan canggih menjadikannya pilihan baru masyarakat di Tanah Air.

Masuk ke segmen medium SUV, Wuling Almaz RS merupakan The First Intelligent Digital Car. Fitur pintar yang dibenamkan dalam kendaraan memberikan kemudahan bagi pengendara.

Disebut pintar karena Wuling menyematkan ADAS (Advanced Driver Assistance System). Sistem ini memiliki berbagai fungsi yang mengurangi risiko di jalanan.

Mengandalkan sensor radar dan kamera, ADAS memiliki fungsi bantuan antara lain Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, juga Automotive light.

Adaptive Cruise Control (ACC) bertugas untuk menyelaraskan kecepatan mobil dengan kendaraan lain di depannya. Sehingga mobil bisa diatur untuk memiliki jarak aman paling ideal.

Kepintaran kendaraan juga masih diidukung oleh BCA (Bend Cruise Assist) yang memberikan pengereman pada kendaran secara otomatis saat memasuki tikungan.

Lalu masih ada ICA (Intelligent Cruise Assistance) dan TJA  (Traffic Jam Assistance) yang bertugas menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya pada saat kondisi jalan macet atau lancar.

Sistem ADAS pada Wuling Almaz RS juga dilengkapi Safe Distance & Braking Assistance. Fitur tersebut aktif dan bisa juga berupa peringatan.

Bicara keselamatan di jalan tidak hanya dibutuhkan fitur bantuan pengereman. Namun, teknologi yang bisa membuat kendaraan tetap di lajurnya sehingga tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Dalam hal ini Almaz RS sudah dibekali dengan LDW (Lane Departure Warning) dan LKA (Lane Keeping Assist). Kedua teknologi tersebut mampu menjaga kendaraan tetap di lajur melalui peringatan hingga koreksi otomatis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...