Korban Tewas Corona Capai 2.360 Jiwa, WHO Beri Peringatan Penularan

Image title
Oleh Ekarina
22 Februari 2020, 09:41
Korban Tewas Corona Capai 2.360 Jiwa, WHO Beri Peringatan Penularan.
ANTARA FOTO/REUTERS/China Daily
Pekerja medis dengan baju pelindung merawat seorang pasien di dalam ruang isolasi Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, Tiongkok. Jumlah korban meninggal akibat virus corona hingga Sabtu (22/2) kembali meningkat menjadi 2.360 jiwa di seluruh dunia.

Jumlah korban meninggal akibat virus corona hingga Sabtu (22/2) kembali meningkat menjadi 2.360 jiwa di seluruh dunia. Yang mana 2.345 kasus kematian terjadi di Tiongkok dan 15 kasus kematian lain terjadi di luar kawasan tersebut.

Provinsi Hubei merupakan wilayah dengan jumlah kasus kematian terbanyak yakni  2.250 orang. Seperti dikatahui, provinsi tersebut memang yang paling dekat dengan pusat wabah dimana kasus tersebut pertama kali terdeteksi di kota Wuhan. 

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat, hingga Jumat (21/2) terdapat 397 kasus baru infeksi corona yang dikonfirmasi. Namun, jumlah kasus ini menurun dibanding sehari sebelumnya yakni sebanyak 889 kasus. 

(Baca: Korban Meninggal Corona Naik Jadi 2.244, China Terus Lakukan Mitigasi)

Adapun akumulasi kasus infeksi yang dikonfirmasi di seluruh Tiongkok sampai saat ini menjadi 76.288. Otoritas kesehatan Tiongkok juga melaporkan, total 20.659 pasien telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Selain di Tiongkok, penyebaran wabah juga semakin masif hingga menyebar ke Timur Tengah. 

Dikutip dari CNN International, Libanon mengumumkan kasus virus corona pertama di negara itu. Menteri Kesehatan Lebanon Hammad Hassan mengatakan pasien itu merupakan seorang wanita berusia 45 tahun yang baru saja kembali dari kota Qom, Iran. Pemerintah juga tengah mencurigai dua kasus lain, namun belum dikonfirmasi positif. 

Hassan menyatakan, bahwa semua pelancong yang kembali dari Iran dan akan dikarantina selama 14 hari. Sebab sebelumnya, Iran mengumumkan ada total 18 kasus virus corona di negara tersebut, yang mana empat orang di antaranya meninggal karena virus.

(Baca: Jokowi Siapkan Opsi Evakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess)

Sementara itu, Israel juga mengumumkan kasus pertama coronavirus. Kementerian Kesehatan Israel mengumumkan kasus pertama coronavirus di negara itu setelah seorang wanita yang dievakuasi dari kapal pesiar di Jepang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...