Buntut Kekalahan Gugatan di WTO, Indonesia Buka Impor Ayam dari Brasil

Image title
Oleh Ekarina
8 Agustus 2019, 07:25
Impor Ayam, Brasil,WTO, Kementerian Perdagangan
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Ilustrasi. Keran impor ayam dari Brasil terbuka akibat putusan WTO.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pemerintah siap membuka keran impor ayam dari Brasil. Ini dilakukan sebagai konsekuensi kekalahan Indonesia setelah menghadapi gugatan Negeri Samba di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Tidak ada pilihan lain untuk kita menyesuaikan sesuai rekomendasi dari WTO," kata Enggar usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian di Jakarta, Rabu malam (8/8).

Enggar mengakui pemerintah telah menyalahi ketentuan WTO terkait perdagangan bebas dengan melarang masuknya ayam dan produk ayam dari Brasil.

Karena itu, pemerintah siap menjalankan ketentuan keputusan WTO. Sebab, jika impor kembali ditentang, pihaknya khawatir dapat menjadi preseden buruk bagi negara-negara lain.

(Baca: Dilaporkan Brasil ke WTO, Kemendag Tegaskan Sudah Buka Impor Ayam)

"Kalau tidak, mereka memiliki hak untuk melakukan retaliasi dengan berbagai produk yang sama atau produk lainnya, dan 19 negara lain akan ikut serta," ujar Enggar.

Adapun segala ketentuan untuk menghadapi masuknya ayam dan produk ayam dari Brasil akan disiapkan, termasuk persoalan sertifikat sanitasi internasional atau sertifikat halal.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...