Pemilu dan Ramadan Kerek Pertumbuhan Industri Mamin dan TPT Semester I

Image title
Oleh Ekarina
29 April 2019, 17:01
Pertumbuhan Industri Makanan Minuman, Konsumsi Ramadan, Gapmmi
Katadata | Donang Wahyu
Ilustrasi penjualan produk makanan dan minuman.

Kementerian Perindustrian menyatakan kinerja industri makanan dan minuman, serta industri tekstil dan produk tekstil (TPT) diprediksi bertumbuh pada semester I 2019. Peningkatan tersebut salah satunya ditopang oleh pertumbuhan konsumsi saat Pemilu 2019 dan bulan suci Ramadan. 

“Peningkatan terutama di pasar domestik seiring pelaksanaan pemilu dan masuknya bulan Ramadan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar  melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (29/4).

Pemilu yang berlangsung lancar dan aman diharapkan turut mendukung iklim usaha ke depan. Haris mengatakan, selama ini industri makanan dan minuman, serta TPT terus berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor nonmigas dan ekonomi nasional.

(Baca: Ramadan-Lebaran, Pengusaha Makanan Minuman Bidik Pertumbuhan Omzet 30%)

Sepanjang  2018, pertumbuhan industri TPT tumbuh 8,73% dan industri mamin di angka 7,91%. Realisasi tersebut lebih tinggi dibanding  pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran 5,17%.

“Kami harapkan  industri makanan dan minuman akan tahun ini tumbuh  lebih dari 9% karena adanya peningkatan investasi, termasuk di industri TPT serta alas kaki,” ungkapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...