Jadi Moderator, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Pastikan Independen

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki memastikan dirinya tetap independen ketika memoderatori debat.
Dimas Jarot Bayu
26 Januari 2019, 09:46
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Perhelatan debat Pilpres 2019 diperkirakan memiliki efek pendongkrak elektabilitas untuk menggaet masyarakat yang belum menentukan atau masih dapat berubah pilihannya.

Dua jurnalis iNews TV, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki mengaku siap menjadi moderator debat kedua Pilpres 2019. Keduanya telah menyatakan bersedia menjadi moderator ketika dihubungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (25/1) sore.

"Tadi sudah konfirmasi kepada KPU bahwa saya sudah bersedia untuk menjadi moderator debat kedua," kata Tommy ketika dihubungi wartawan, Jumat (25/1).

Tommy mengaku bersyukur dengan diberikannya mandat sebagai moderator debat kedua Pilpres 2019 bersama Anisha. Karenanya dia akan berkonsentrasi  terhadap konten debat kedua tersebut.

(Baca: Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Akan Hadiri Debat Kedua Pilpres)

Advertisement

Sebab, dia harus mampu membawakan debat agar lebih mengalir. Selain itu, debat harus dipandu agar padat informasi sekaligus mencerahkan masyarakat.

Dia dan Anisha juga rencananya akan kembali bertemu untuk memantapkan kemistri sebelum memandu jalannya debat. "Nanti lanjutannya pasti ada rapat-rapat dengan KPU juga, terutama dengan penyesuaiaan aturan-aturan," kata Tommy.

Tommy juga memastikan dirinya akan tetap independen ketika memoderatori debat. Menurutnya, pekerjaan sebagai moderator tak ada hubungannya dengan pilihan politik.

Pekerjaannya nanti lebih berkaitan dengan profesionalismenya. Terlebih,  sebagai jurnalis dia juga dituntut bekerja secara profesional dan independen.

Hal senada disampaikan Anisha. Menurutnya, independensi, netralitas, dan profesionalisme merupakan hal yang memang harus dijaganya sebagai seorang jurnalis.

"InsyaAllah sampai nanti juga akan saya jaga (independensi dan profesionalisme)," katanya.

Tommy dan Anisha akan memoderatori debat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada 17 Februari 2019. Debat antarcalon presiden ini akan mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

(Baca: KPU Rancang Satu Segmen Khusus Tanpa Durasi Spesifik dalam Debat Kedua)

Tommy sebelumnya pernah menjadi jurnalis di Metro TV, Bloomberg TV, MNC World News, dan RCTI. Saat ini, dia menjadi menjadi jurnalis di iNews TV. Tommy juga tercatat pernah menjadi moderator debat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018.

Sementara, Anisha merupakan jurnalis iNews TV sejak 2017. Anisha juga pernah menjadi moderator debat Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemilihan Bupati (Pilbup) Morowali, Pilgub Jawa Barat, dan Pilgub Jawa Timur 2018.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, keputusan memilih Tommy dan Anisha sebagai moderator sudah didiskusikan oleh tim sukses dari kedua pasangan calon, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kedua timses telah sepakat dengan pemilihan Tommy dan Anisha sebagai moderator.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait