Dua Karyawannya Terpapar Corona, AEON Mall BSD Tutup Sementara

Penutupan AEON Mall dilakukan selama sepakan hingga 13 Agustus 2020
Image title
Oleh Ekarina
6 Agustus 2020, 16:23
Dua Karyawannya Terpapar Corona, AEON Mall BSD Tutup Sementara.
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Petugas kasir melayani konsumen dari balik sekat plastik di AEON Mall, Tangerang, Banten, Jumat (29/5/2020). Sejumlah aturan protokol kesehatan penyebaran COVID-19 diterapkan di pusat perbelanjaan tersebut seiring memasuki era normal baru di tengah pandemi COVID-19.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup pusat perbelanjaan AEON Mall BSD di Kecamatan Pagedangan. Penutupan tersebut menyusul ditemukannya dua pekerja yang dinyatakan positif terpapar virus corona usai menjalani pemeriksaan medis.

"Ini merupakan perintah dari Bupati Ahmed Zaki Iskandar bahwa penutupan AEON Mall dilakukan selama sepakan hingga 13 Agustus 2020, " kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi dikutip dari Antara, Kamis (6/8).

Hendra mengatakan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melakukan penyemprotan disinfektan pada semua sisi pusat perbelanjaan tersebut.  Hal ini sebagai langkah antisipasi serta pencegahan penularan virus corona.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang itu menambahkan, dua pekerja yang terinfeksi tersebut bukan berasal dari Kabupaten Tangerang, melainkan dari daerah lain.

Saat ini, petugas memasang garis penutup di mal agar pengunjung tidak memasuki areal pusat perbelanjaan. Penutupan merupakan instruksi dari Bupati Tangerang yang  dilaksanakan oleh Satpol PP setempat dibantu aparat Gugus Covid-19 lainnya.

Pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus corona di pusat perbelanjaan ini, sehingga belum bisa memastikan bahwa mal akan kembali dibuka pada 13 Agustus 2020.

"Tergantung perkembangan dan pemantauan medis oleh petugas lainnya,"ujarnya.

Manajemen AEON Mall BSD City telah mengumumkan penutupan sementara operasional mal melalui akun media sosial Instagram. Manajemen menjelaskan, mulai 6 hingga 12 Agustus pihaknya  akan melakukan disinfeksi menyeluruh di sekitar area mal.

Pihak manajemen juga akan melakukan rapid test bagi karyawan tenan yang membutuhkan. Langkah ini untuk mengurangi penyebaran virus corona.

"Dalam situasi saat ini, keselataman costumer dan komunitas sekitar merupakan prioritas kami," tulis pengumuman tersebut.

Seperti diketahui, penyebaran kasus corona masih terus menyebar secara masif di Indonesia maupun secara global. Berdasarkan data pemerintah, pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.882 orang per 6 Agustus 2020.

Dengan demikian, total kasus corona secara nasional mencapai 118.753 dengan 75.645 pasien dinyatakan sembuh dan 5.521 orang meninggal dunia.Sementara itu, pemerintah mencatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 91.219 dan pasien dalam pengawasan sebanyak 0 orang.

Kasus tertinggi Covid-19 tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Detail perkembangan kasus corona di Indoensia bisa dilihat dalam databoks berikut ini:

Reporter: Antara
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait