Wuling Targetkan TKDN Air EV Naik Dua Kali Lipat Menjadi 80% pada 2030

Andi M. Arief
1 Desember 2022, 17:32
tkdn, wuling air ev, mobil listrik, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Wuling Air ev yang dipamerkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022).

PT SGMW Motor Indonesia atau Wuling Indonesia menargetkan untuk meningkatkan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN dalam produksi kendaraan listriknya hingga 80% pada 2030. Saat ini TKDN Wuling Air EV berdasarkan sertifikat yang diterbitkan Kementerian Perindustrian sekitar 40%.

Oleh karena itu, Wuling Indonesia sedang melakukan penjajakan dengan beberapa produsen baterai kendaraan listrik atau EV di dalam negeri.

Advertisement

Brand & Marketing Director Wuling Indonesia Dian Asmahani mengatakan langkah awal dalam meningkatkan TKDN dalam produksi EV adalah meneken nota kesepahaman atau MOU dengan PT Gotion Green Energy Solution Indonesia. Adapun, Gotion merupakan produsen baterai jenis Lithium Iron Phosphate.

"Kami akan memasok baterai dari mereka dan kami akan bekerja sama dengan produsen-produsen lokal yang sedang mempersiapkan produksi baterai kendaraan listriknya di Indonesia," kata Dian dalam Regional Summit 2022, Kamis (1/12).

Dian menilai kerja sama tersebut akan meningkatkan TKDN EV Wuling di Indonesia hingga 60%. Sejauh ini, Wuling baru memproduksi dan memasarkan satu jenis EV, yakni Wuling Air EV yang mayoritas komponennya masih bergantung pada bahan impor, seperti aluminium.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan pembangunan ekosistem industri hijau yang masih dalam tahap transisi. Meski demikian, kebijakan pemerintah yang menetapkan tahapan TKDN EV di dalam negeri pada akhirnya akan membuat pelaku industri mengembangkan industri penopang EV di dalam negeri.

Sebagai informasi, pemerintah mengatur TKDN EV di dalam negeri setidaknya 80% pada 2030. Selain menjajaki produsen baterai EV lokal, Dian mengatakan Wuling Indonesia saat ini sedang melakukan penelitian terkait meningkatkan TKDN dalam memenuhi kebutuhan EV di dalam negeri.

Sebagai informasi, penjualan kendaraan listrik di Indonesia sepanjang Januari-September 2022 telah mencapai 3.801 unit. Adapun, penjualan terbesar terjadi pada September 2022 atau sebanyak 2.154 unit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement