Kerugian Menyusut, GOTO Optimistis EBITDA Q4 2023 Positif

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
30 Oktober 2023, 20:24
Seiring kinerja keuangan yang membaik, manajemen GOTO berharap dapat mencetak perbaikan EBITDA akhir tahun ini.
Dokumentasi GOTO

Di tengah perluasan demografi pengguna, khususnya di tengah besarnya pasar Indonesia, manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berharap perseroan bisa mencapai pertumbuhan yang lebih baik tahun ini. Perseroan menargetkan perolehan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) grup yang disesuaikan positif pada kuartal keempat 2023.

Adapun EBITDA grup yang disesuaikan untuk keseluruhan tahun 2023 diprediksi sekitar minus Rp4,5 triliun hingga minus Rp3,8 triliun.

“Pedoman di atas didasarkan pada kondisi pasar saat ini dan mencerminkan perkiraan awal perseroan, yang semua tergantung pada ketidakpastian dan risiko. Hal ini termasuk peningkatan kompetisi pasar, yang diperkirakan akan berlanjut di kuartal mendatang, inflasi, serta faktor lainnya,” tulis manajemen GOTO dalam siaran pers, Senin (30/10).

Sebelumnya, kinerja GOTO selama sembilan bulan pertama tahun ini tercatat membaik. Laporan keuangan perseroan menunjukkan rugi bersih atribusi entitas induk GOTO per September 2023 terpangkas 53 persen secara year-on-year (YoY) menjadi Rp9,55 triliun.

Angka ini membaik dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat merugi bersih hingga Rp20,32 triliun. Penurunan rugi bersih ini dipengaruhi kenaikan pendapatan bersih dan efisiensi beban perseroan sejak awal tahun. Total pendapatan bersih naik 32 persen menjadi Rp10,51 triliun, membaik dari periode yang sama tahun lalu senilai Rp7,97 triliun.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengatakan, nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) grup tumbuh positif setelah menurun selama dua kuartal berturut-turut. Hal ini didorong oleh pertumbuhan unit bisnis e-commerce dan on-demand dervices.

Perseroan memperluas pasar potensialnya melalui pengembangan produk dan layanan. Strategi ini menjawab kebutuhan konsumen yang lebih peka terhadap harga.

“Sinergi ekosistem yang semakin kuat ini menjadi keunggulan kami di tengah kompetisi yang semakin ketat. Grup GoTo akan terus beradaptasi secara taktis untuk mempertahankan kepemimpinan pasar kami, serta di saat yang sama terus berinvestasi untuk mendukung strategi bisnis jangka panjang perseroan,” kata Patrick.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...