Data Ekspor Impor Membaik, Rupiah Malah Jatuh ke Rp 14.587 per US$

Agatha Olivia Victoria
15 Juli 2020, 17:03
rupiah, nilai tukar, hubungan as-tiongkok, kurs rupiah, 1 dolar berapa rupiah
ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.
Ilustrasi. Rupiah melemah di tengah penguatan mata uang Asia.

Nilai tukar rupiah pada pasar spot sore ini, Rabu (15/7) melemah 0,95% ke level Rp 14.587 per dolar Amerika Serikat. Rupiah  tersungkur imbas hubungan AS dan Tiongkok yang semakin memanas.

Rupiah melemah di tengah penguatan mayoritas  mata uang Asia terhadap dolar AS. Mengutip Bloomberg, yen Jepang naik 0,29%, dolar Singapura 0,23%, dolar Taiwan 0,02%, won Korea Selatan 0,43%, peso Filipina 0,13%, rupee India 0,37%, yuan Tiongkok 0,24%, ringgit Malaysia 0,18%, dan baht Thailand 0,05%. Sementara dolar Hong Kong tak bergerak signifikan.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate yang dipublikasikan Bank Indonesia pada pukul 10.00 WIB rupiah berada di posisi Rp 14.616 per dolar AS, turun 104 poin dibanding kemarin.

(Baca: Ekspor dan Impor Naik, Neraca Dagang Juni Surplus US$ 1,27 Miliar)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai ada kecemasan seputar kenaikan tensi AS-Tiongkok seiring ketegangan di Laut Cina Selatan yang kembali memanas. "Setelah Inggris dilaporkan siap bergabung dengan AS dan Jepang di Indo-Pasifik untuk melawan Tiongkok," kata Ibrahim kepada Katadata.co.id, Rabu (15/7).

Lebih lanjut, para petinggi militer Inggris setuju mengerahkan kapal induk HMS Queen Elizabeth ke perairan tersebut. Dilansir dari The Australian, HMS Queen Elizabeth akan berlayar ke Indo-Pasifik untuk menggelar latihan perang dengan sekutu mereka yakni AS dan Jepang.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...