East Ventures Kumpulkan Donasi Rp 7 M untuk Produksi Alat Tes Corona

Cindy Mutia Annur
7 April 2020, 12:28
east ventures, covid-19, alat tes pcr, corona, wilson cuaca
Katadata/Metta Dharmasaputra
Managing Partner East Ventures Willson Cuaca. East Ventures telah menggalang dana sebesar Rp 7 miliar dari target Rp 10 miliar yang akan didonasikan untuk memproduksi 100 ribu alat tes qPCR Covid-19.

Perusahaan modal ventura East Ventures telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,98 miliar dari target Rp 10 miliar untuk memproduksi 100 ribu alat uji (test kit) Polymerase Chain Reaction (qPCR) Covid-19.

Adapun sebesar Rp 5 miliar di antaranya, telah disalurkan per hari ini, Selasa (7/4). Adapun dari target R0 10 miliar, sebesar Rp 9 miliar akan digunakan untuk membiayai produksi 100 ribu alat tes qPCR dan sisanya Rp 1 miliar untuk membiayai proyek whole genome sequencing.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, inisiasi produksi massal alat test corona ini berkembang dengan cepat sejak dimulai pada Senin (30/3) lalu di mana per Senin (6/4) sore telah terkumpul 1.300 donatur.

"Dalam waktu sepekan ini, prototipe desain test kit telah selesai dan 70% dari target penggalangan dana telah terkumpul," ujar Wilson melalui siaran pers, Selasa (7/4).

(Baca: East Ventures Himpun Rp 10 M untuk Produksi 100 Ribu Alat Uji Covid-19)

Penggalangan dana bertajuk 'Gerakan Indonesia Pasti Bisa ini' merupakan upaya Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) bentukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Wilson menjelaskan, East Ventures sebagai koordinator 'Gerakan Indonesia Pasti Bisa' bersama BPPT memutuskan untuk mengucurkan sebagian dana yang telah terkumpul untuk mempercepat proses produksi massal test kit qPCR Covid-19.

"Dana senilai Rp 5 miliar hari ini disalurkan untuk pembelian bahan baku berupa primer, probe, dan mastermix yang akan digunakan untuk memproduksi 50 ribu  test kit tersebut," ujar dia.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja sama dengan East Ventures dan berbagai pihak lainnya yang terlibat dalam inisiasi ini. "Langkah penting selanjutnya adalah fokus untuk menghasilkan produk teknologi sesuai rencana aksi TFRIC19, guna mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air," ujar Hamamm.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...