Jasa Marga Tertarik Akusisi Ruas Tol Trans Jawa Milik Waskita Karya

Image title
31 Desember 2018, 19:38
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Seskab Pramono Anung (kanan) Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kiri) Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (ketiga kanan) Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi (kedua kiri) dan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani (keempat kiri) melihat gerbang Jalan Tol Kualanamu, disela-sela peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan minatnya untuk mengakuisisi beberapa ruas jalan tol milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, ketertarikan Jasa Marga untuk mengakuisisi ruas tol milik Waskita Karya untuk memaksimalkan operasional perusahaan yang fokus pada operasional Trans Jawa.

Waskita Karya dikabarkan berniat menjual 18 ruas tol miliknya pada 2019 mendatang secara bertahap. Tol Pejagan-Pemalang dan Tol Pemalang-Batang yang berada di Trans Jawa merupakan beberapa di antara ruas tol yang rencananya dijual oleh Waskita Karya.

"Karena kan operasional (Trans Jawa) konsen kita. Supaya operasionalnya bisa lebih maksimal," kata Desi di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (31/12).

(Baca: 5 Ruas Tol Trans Jawa Milik Jasa Marga dan Waskita Siap Dioperasikan)

Kendati demikian, Desi mengungkapkan hingga saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak Waskita Karya karena proses tender belum dimulai. Bahkan, Desi mengatakan, Jasa Marga bahkan belum memiliki anggaran khusus terkait akuisisi jalan tol yang mereka minati.

"Belum mulai lagi, mungkin tahun depan bisa mulai-mulai lagi. Masih incaran saja. Tapi kita tetap berharap karena dari sisi operasi sangat lebih efektif," kata Desi menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...