Pasal-pasal Bermasalah UU ITE yang Memicu Jeratan Sejumlah Kasus

Fahmi Ahmad Burhan
16 Februari 2021, 19:36
revisi uu ite, pasal karet uu ite, pasal bermasalah uu ite, kasus uu ite
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Wartawan melakukan wawancara dengan Jurnalis dan Aktivis HAM Dandhy Dwi Laksono (kanan) pasca penetapan tersangka saat ditemui di kediamannya, di kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/9/2019).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi membuka peluang revisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Hal ini lantaran Presiden melihat beberapa waktu terakhir semakin banyak masyarakat yang saling melaporkan menggunakan UU ini.

Kepala Divisi Kebebasan Berekspresi dari Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Ika Ningtyas mengatakan setidaknya ada sembilan pasal dalam UU ITE yang dianggap berbahaya dan layak diubah. 

Sembilan pasal tersebut yaitu pasal 26 ayat 3, 27 ayat 1, 27 ayat 3, 28 ayat 2, 29, 36, 40 ayat 2a, 40 ayat 2b, dan 45 ayat 3. "Pasal-pasal itu kami anggap bermasalah karena secara substansial definisi dan kriterianya tidak jelas sehingga sangat multitafsir," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (16/2).

Seperti pasal 26 ayat 3 tentang penghapusan informasi tidak relevan dan pasal 27 ayat 1 tentang tindakan asusila dan dapat digunakan untuk menghukum korban kekerasan berbasis gender secara online. Ika menilai kedua pasal tersebut memungkinkan sensor informasi yang multitafsir.

Lalu pasal 27 ayat 3 tentang defamasi. Ika mengatakan pasal ini paling sering digunakan untuk menjerat kebebasan berekspresi yang sah dan merepresi warga, aktivis, jurnalis atau media. "Korbannya adalah kelompok kritis," kata Ika.

Kemudian pasal 28 ayat 2 tentang ujaran kebencian karena bisa merepresi minoritas warga yang mengkritik aparat kepolisian dan pemerintah. Ika mengatakan pasal ini sering digunakan untuk menjerat kebebasan berekspresi dan karya jurnalistik.

Ada juga pasal 29 tentang ancaman kekerasan karena bisa memidana orang yang mau melapor ke polisi. Pasal 36 tentang kerugian bermasalah karena dicuplik untuk memperberat hukuman pidana defamasi.

Pasal 40 ayat 2a tentang muatan yang dilarang dianggap bermasalah karena bisa menjadi dalih pemblokiran akses internet untuk menanggulangi penyebaran hoaks. Pasal 40 ayat 2b, tentang pemutusan akses juga bisa menjadi dalih pemutusan akses internet.

Pada pasal 45 ayat 3 tentang ancaman penjara tindakan defamasi dianggap bermasalah karena memungkinkan dilakukannya penahanan saat penyidikan.

Peneliti teknologi informasi dari Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, UU ITE harusnya direvisi total. Sebab apabila revisi terbaru hanya menyasar sebagian ketentuan saja, akan tetap muncul pasal karet lainnya.

Perlu diketahui, UU ITE pernah direvisi pada 2016. Meski sudah direvisi Heru menilai penggunaan pasal pencemaran nama baik tidak juga berkurang. "Agar tidak merugikan masyarakat sendiri, UU ITE jangan dipakai dulu, hingga revisi total diselesaikan," ujarnya kepada Katadata.co.id.

Kasus-kasus Pasal Karet UU ITE

Seiring waktu pasal-pasal karet dalam UU ITE pun sering memakan korban. Berikut adalah kasus-kasus besar UU ITE yang sempat ramai di Indonesia.

1. Prita Mulyasari vs RS Omni Internasional

Prita Mulyasari terjerat UU ITE setelah menulis surat elektronik (surel/email) pada sebuah mailing list (milis) yang menceritakan ketidakpuasannya terhadap layanan kesehatan yang ia dapatkan di Rumah Sakit (RS) Omni Internasional.

Surel pribadi tersebut kemudian tersebar luas di internet. Pihak RS Omni pun melaporkan Prita atas dugaan pencemaran nama baik, pasal 27 ayat 3 UU ITE.

2. Ahmad Dhani vs Koalisi Bela NKRI

Pada 2018 lalu musisi Ahmad Dhani juga sempat terjerat pasal 27 ayat 3 UU ITE. Ketika itu Dhani membuat video blog (vlog) yang bermuatan ucapan 'idiot'. Dhani kemudian dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...