MIND ID Berminat Akuisisi PLTA di Asahan untuk Bangun Smelter Baru

Image title
31 Agustus 2021, 17:39
mind id, pembangkit listrik, plta, pertambangan
PLN
Para pekerja di proyek PLTA Asahan 3. MIND ID berminat untuk mengakuisisi PLTA di Asahan untuk menambah kapasitas produksi alumunium.

Holding BUMN pertambangan yakni MIND ID yang dipimpin PT Inalum tengah mengincar akuisisi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Asahan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi smelter.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak menyayangkan kapasitas produksi aluminium yang dimiliki Inalum hingga saat ini hanya 250 ribu ton per tahun. Padahal harga aluminium saat ini sedang dalam kondisi bagus.

Oleh karena itu, perusahaan berencana menggenjot kapasitas produksi dengan membangun smelter baru dan mengakuisisi beberapa PLTA di Asahan untuk melistriki smelter.

"Sejak kerja sama Jepang hanya segitu. Yang kami butuhkan adalah PLTA yang bisa dipakai untuk menambah kapasitas produksi. Jadi kami butuh PLTA, ada beberapa di Asahan yang kami taksir untuk ambil. Itu bisa dipakai untuk membangun smelter baru," kata Orias dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (31/8).

Orias mengaku telah memulai pembicaraan awal dengan PLN dan para mitra selaku pemilik PLTA Asahan. Misalnya seperti PLTA Asahan I yang dimiliki PLN bersama mitra, dan PLTA Asahan III yang saat ini tengah dibangun PLN.

"Yang mau (berminat) banget sih kami, karena kami melihat kapasitas listrik Sumatera sudah over, apa salahnya kami kerja samakan lebih mudah lagi kami miliki. Itu niat kami," katanya.

Menurut Orias pihaknya saat ini hanya mengincar pembangkit EBT yang dapat menghasilkan listrik dengan harga murah dibandingkan pembangkit fosil. Sehingga akan berdampak pada produksi aluminium yang lebih murah.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...