Bor 161 Sumur, Produksi Minyak Blok Rokan 2021 Ditargetkan 167.000 bph

Image title
29 September 2021, 15:16
blok rokan, produksi minyak, pertamina
Katadata
Ilustrasi. Pertamina akan mengebor 161 sumur untuk mengejar target produksi minyak 167.000 barel per hari tahun ini.

Pertamina terus berupaya menahan laju penurunan produksi minyak di Blok Rokan. Perusahaan menargetkan pada akhir 2021, produksi minyak di blok migas terbesar di Indonesia ini bisa mencapai 167 ribu barel per hari (bopd).

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip mengatakan guna menahan laju penurunan alamiah dan meningkatkan produksi minyak Blok Rokan, pihaknya terus mengupayakan target pengeboran tahun ini.

Pertamina menargetkan mengebor 161 sumur pengembangan hingga akhir tahun ini. Adapun realisasinya hingga September telah mencapai 52 sumur.

"Target PHR di akhir Desember nanti produksi bisa mencapai 167 ribu barel per hari," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama komisi VII, Rabu (29/9).

Untuk diketahui, saat ini telah tersedia 15 rig pengeboran yang aktif dan akan terus bertambah hingga mencapai 17 rig hingga akhir tahun ini. Program pengeboran ini termasuk melanjutkan 77 sumur dari operator sebelumnya, Chevron Pacific Indonesia, yang belum tereksekusi.

Upaya-upaya aktif untuk mencapai target 161 sumur tajak pada tahun 2021 menurut dia saat ini tengah berlangsung. Diantaranya yakni seperti mirroring kontrak-kontrak penunjang pengeboran dari operator sebelumnya serta memastikan penyiapan lahan, material, dan pengiriman rig, sesuai dengan rencana pengeboran.

Adapun kebutuhan dana untuk PHR mengelola Blok Rokan dalam lima tahun pertama diperkirakan mencapai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 43 triliun. Program meliputi pengeboran sumur baru, workover, optimasi waterflood, optimasi steamflood serta CEOR Area A.

Tahun ini, Pertamina menargetkan total pengeboran 161 sumur Pengembangan (dari rencana awal 44 sumur). Kemudian pada tahun selanjutnya Pertamina menargetkan total pengeboran sebanyak 500 sumur pengembangan dan 2 sumur eksplorasi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...