RI Setop Ekspor Batu Bara, India Berburu Pasokan ke Australia

Happy Fajrian
5 Januari 2022, 06:00
batu bara, india, ekspor batu bara, larangan ekspor batu bara, australia
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/11/2021).

India menjadi salah satu negara yang paling terdampak kebijakan larangan ekspor batu bara Indonesia. Menurut data pelacakan kapal dari Kpler, India bersama dengan Cina, Jepang, dan Korea Selatan, menerima 73% ekspor batu bara Indonesia pada 2021.

Keempat negara tersebut harus mencari alternatif pasokan jika kebijakan yang rencananya akan ditinjau ulang hari ini, Rabu (5/1) oleh pemerintah Indonesia, tetap berjalan sesuai rencana.

“Sejak kebijakan ini diumumkan, harga batu bara di India telah naik sebanyak 500 rupee atau US$ 6,73 per ton,” kata seorang analis bisnis di perusahaan perdagangan komoditas yang berbasis di Gujarat, India, iEnergy Natural Resources Limited, Riya Vyas, seperti dikutip dari Reuters.

Ekspor batu bara Indonesia ke India berkontribusi hingga 15% dari total ekspor mineral hitam ini pada 2021. Pembeli di India pun harus mencari pemasok lain jika pemerintah Indonesia tak mencabut kebijakan ini.

Dia mengaku tidak mengetahui adanya kejadian force majeure, yang dinyatakan eksportir ketika mereka tidak dapat memasok bahan bakar karena kejadian di luar kendali mereka. Dan jika harus mencari pemasok lain kemungkinan importir batu bara di India harus membayar lebih mahal.

“Kami mungkin mencari batu bara dari tempat lain seperti Australia, atau berusaha mengalihkan kapal pengiriman batu bara ke kawasan lain, seperti Bangladesh, dengan India membayar harga yang lebih tinggi,” kata Vyas.

Menurut data International Energy Agency (IEA), pada 2019 India merupakan negara pengimpor batu bara terbesar kedua di dunia setelah Cina. India mengimpor sekitar 247 juta ton sedangkan Cina 298 juta ton. Simak databoks berikut:

Sementara analis lain mengatakan mereka akan menunggu untuk melihat apakah Indonesia berubah arah pada hari Rabu. “Tentu saja ada reaksi spontan, tetapi orang-orang menunggu untuk melihat bagaimana hasilnya,” kata Puneet Gupta dari pasar perdagangan batubara India Coalshastra.

Adapun larangan ekspor batu bara Indonesia menyusul tahun yang penuh gejolak untuk batu bara global yang membuat harganya meroket seiring krisis pasokan di Cina yang merupakan negara pengkonsumsi batu bara terbesar di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...