Pertamina Dapat Rapor Merah Lifting Migas 2021, Ini Penyebabnya

Image title
20 Januari 2022, 15:57
pertamina, lifting minyak, produksi minyak, lifting migas
Bernard Chaniago | KATADATA

SKK Migas mencatat realisasi produksi minyak siap jual atau lifting pada 2021 mencapai 660 ribu barel per hari (bph) atau 93,7% dari target 705 ribu bph. Dari capaian tersebut, anak usaha hulu Pertamina paling banyak mencatatkan rapor merah alias tak mencapai target.

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Energi, Arya Dwi Paramita mengatakan kondisi pandemi, tingkat penurunan produksi alamiah, serta operasional yang semakin kompleks menjadi tantangan tersendiri terhadap kinerja produksi dan lifting migas secara keseluruhan di setiap lapangan.

Advertisement

"Namun Pertamina Grup terus melakukan mitigasi yang diperlukan dengan melakukan operational excellence agar dapat berkinerja unggul untuk mendukung ketahanan energi nasional dan berkontribusi optimal dalam pencapaian target produksi nasional 1 Juta BOPD dan 12 BSCFD," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (20/1).

Sepanjang 2021 lalu, perusahaan mengklaim telah melakukan berbagai upaya strategis dalam meningkatkan produksi dan lifting migas. Sehingga beberapa Wilayah Kerja seperti Blok Mahakam dan Blok Sanga Sanga mencapai kinerja lifting melebihi target yang sudah ditetapkan.

Di Blok Mahakam sendiri misalnya telah dilaksanakan program Optimasi Well Intervention Locomotive-8, yang mampu menjaga level produksi migas sesuai target dengan biaya operasi yang lebih rendah. Antara lain melalui metode leaning, redesign dan kolaborasi, serta kinerja keselamatan yang tinggi.

"Hal ini sesuai dengan semangat proyek Optimus yakni Perubahan Filosofi Kerja, Inovasi dan Standarisasi Teknis, dan Optimisasi Operasional," kata Arya.

Selain itu, persetujuan insentif oleh pemerintah juga turut mendorong investasi yang lebih besar untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi migas di Blok Mahakam. Upaya lainnya yakni implementasi Borderless Operation di Wilayah Kerja Mahakam dan Sanga Sanga yang wilayahnya berdekatan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement