Jual Murah Minyak ke India, Rusia Beri Diskon Hingga US$ 35 per Barel

Happy Fajrian
31 Maret 2022, 16:18
minyak, rusia, india,
medcoenergi
Ilustrasi.

Rusia dilaporkan berupaya meningkatkan penjualan minyaknya ke India dengan menawarkan diskon besar hingga US$ 35 per barel. Hal ini setelah Rusia kehilangan pasar untuk menjual minyaknya imbas sanksi negara-negara barat yang menghentikan impor.

Tercatat Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia telah menghentikan impor minyak dari Rusia, sedangkan Inggris menyusul akhir tahun ini sebagai sanksi atas invasi Vladimir Putin ke Ukraina yang masih berlangsung hingga hari ini. Sementara Eropa belum memutuskan apakah akan mengikuti langkah negara-negara sekutunya.

Adapun harga minyak per barel yang berlaku saat ini yakni Brent US$ 109,4 dan West Texas Intermediate (WTI) US$ 103. Dengan diskon sebesar itu, artinya Rusia menjual minyak mentahnya ke India di harga US$ 70-an per barel, jauh di bawah level pra-invasi sekitar US$ 90 per barel.

“Rusia menawarkan minyak mentah Ural andalannya ke India dengan diskon sebesar US$ 35 per barel untuk memikat India agar meningkatkan pembeliannya lebih banyak lagi,” kata sumber Bloomberg yang menolak diidentifikasi, dikutip Kamis (31/3).

Rusia ingin India mengambil 15 juta barel yang dikontrak untuk tahun ini sebagai permulaan. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa negosiasi untuk jual-beli minyak ini masih berlangsung di tingkat pemerintah. Simak perkembangan harga minyak pada databoks berikut:

India, importir minyak terbesar kedua di Asia, menjadi salah satu dari segelintir negara importir minyak yang menggandakan pembelian minyak mentah dari Rusia, menentang tekanan dan sanksi internasional.

Minyak Rusia telah mengalir ke Asia dalam volume yang lebih besar karena pembeli di seluruh Eropa dan AS menghindari pasokan setelah invasi ke Ukraina. India dan Cina telah menjadi pembeli utama minyak Rusia.

Rusia juga menawarkan pembayaran dalam mata uang rupee-rubel menggunakan sistem pesan Rusia SPFS, yang dapat membuat perdagangan lebih menarik bagi India.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...