Jelang Alih Kelola WK CPP, SKK Migas Minta Operator Kebut Pengeboran

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2022, 19:15
skk migas, blok cpp, bumi siak pusako, pertamina
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi rig pengeboran migas.

Menjelang pengambilalihan penuh pengelolaan wilayah kerja migas Coastal Plains and Pekanbaru (Blok CPP) oleh BUMD Riau, PT Bumi Siak Pusako (BSP) dari pengoperasian bersama Pertamina Hulu Energi (PHE), SKK Migas mendorong agar kegiatan pengeboran ditingkatkan untuk meningkatkan produksi minyak.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus saat meninjau saat persiapan pengeboran Sumur Kasikan T-02 yang merupakan pengeboran perdana PSP-PHE tahun ini.

Advertisement

“Kami hadir di Sumur KSK -T02 untuk memastikan pengeboran berjalan lancar. Sumur ini merupakan sumur pertama dari 15 sumur pengembangan yang akan di bor menjelang alih operator WK CPP pada Agustus 2022," ujarnya didampingi Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas, Muhammad Rochaddy, melalui keterangan tertulis, Selasa (5/4).

Tercatat tahun 2022 ini PT BSP akan melakukan pengeboran sebanyak 15 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi. Rikky menambahkan bahwa ia ingin memastikan proses dan persiapan pengeboran berjalan lancar dan tetap mengutamakan aspek HSE.

Dalam hal percepatan pengeboran menjelang alih operator, perwakilan SKK Migas Sumbagut telah memfasilitasi BSP-PHE dalam proses pengadaan lahan dan rekomendasi penggunaan kawasan hutan untuk penyiapan tapak sumur yang akan digunakan untuk lokasi pengeboran.

Tidak hanya dalam percepatan pengeboran, baru-baru ini juga telah dilaksanakan Forum Group Discussion yang difasilitasi SKK Migas Sumbagut agar proses pengamanan dan perizinan Handak dapat berjalan lancar bersama Kepolisian Daerah Riau.

General Manager BSP-PHE yang diwakili Senior Operation Manager Suhartono, menyampaikan bahwa kedua perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan seluruh program kerja yang telah disetujui oleh SKK Migas.

Mereka yakin dapat memenuhi komitmen dikarenakan lokasi-lokasi sumur berikutnya secara paralel telah disiapkan. Sehingga setelah Sumur Kasikan T-02 selesai dikerjakan, pengeboran akan langsung menuju ke sumur berikutnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement