Klaim Persediaan Mencukupi, Pertamina Batal Beli Minyak Mentah Rusia

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Mei 2022, 14:51
pertamina, minyak rusia
Pertamina
SPBU Pertamina.

Pertamina menyatakan batal membeli minyak mentah Rusia untuk kebutuhan komsumsi dalam negeri. Hal tersebut dikatakan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari.

Ia mengatakan, saat ini stok minyak di sejumlah kilang masih cukup untuk mengakomodir permintaan bahan bakar minyak (BBM) di tanah air. Namun, Heppy tak merinci berapa besar stok yang tersedia di tiap-tiap kilang.

“Tidak ada pembelian (minyak mentah) dari Rusia karena stok kilang mencukupi,” kata Heppy melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Senin (9/5).

Sebelumnya Pertamina membuka wacana membeli minyak mentah dari Rusia untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri karena Rusia menjual murah minyaknya lantaran terkena saknsi dari negara-negara barat. Direktur Utama Nicke Widyawati bahkan telah berkomunikai dengan Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia.

“Pertamina melihat adanya potensi Rusia yang akan menjual minyak mentah dengan harga murah akibat sanksi perdagangan dari negara barat, ada peluang untuk membeli dari Rusia dengan harga yang lebih baik,” kata Nicke saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR pada Senin (28/3).

Jika jadi, nantinya, minyak mentah dari Rusia akan diolah di Kilang Balongan. Adapun pembelian minyak mentah tersebut baru akan dilakukan usai perbaikan (revamping) Kilang Balongan yang diprediksi rampung pada Mei.

Nicke menyebut, pembelian minyak mentah dari Rusia akan dilakukan secara business to business (B to B) daripada Goverment to Goverment (G to G). Hal ini diharapkan agar tidak menimbulkan persoalan politis. “Tak ada masalah sepanjang perusahaan (minyak mentah) yang deal sama kita gak kena sanksi,” sambung Nicke.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...