Hongaria Cekal Rencana Uni Eropa Mengembargo Minyak Rusia

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Mei 2022, 15:34
minyak rusia, hongaria, uni eropa, eropa, embargo minyak
ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman/foc/sad.
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menghadiri pertemuan puncak virtual yang diadakan oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, setelah Rusia meluncurkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Brussels, Belgia, Jumat (25/2/2022).

Langkah Uni Eropa (UE) untuk melarang impor minyak mentah dan produk sulingan minyak Rusia gagal terealisasi. Pasalnya pemerintah Hongaria ogah mencabut hak vetonya atas impor minyak Rusia.

Amerika Serikat (AS) dan Inggris sudah lebih dulu melakukan embargo minyak Rusia ke wilayahnya. Kepala Kebijakan Luar Negeri Komisi Eropa, Josep Borrell, mengatakan para menteri gagal mencapai kesepakatan di pertemuan antar negara anggota UE yang dilangsungkan pada Senin (16/5) kemarin.

Adapun kesepakatan embargo tersebut tidak bisa dilaksanakan apabila masih ada satu dari 27 negara Eropa yang tak mau menyetujui aturan tersebut. "Sayangnya, tidak mungkin mencapai kesepakatan (embargo minyak Rusia) hari ini," kata Borrell sebagaimana dikutip dari Reuters pada Selasa (17/5).

Komisi Eropa merasa larangan impor minyak mentah Rusia akan menjadi sanksi paling keras dalam menanggapi konflik antara Moskow dengan Kyiv. Embargo minyak Rusia diharapkan bisa memangkas aliran dana perang Moskow yang diperoleh dari hasil penjualan minyak.

Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto mengatakan Budapest membutuhkan ratusan juta euro untuk mengurangi ketergantungan minyak mentah dari Rusia. Hongaria membutuhkan dana tersebut untuk melakukan modernisasi total struktur energi, membiayai investasi, hingga kompensasi untuk ekonominya.

Szijjarto menilai pengesahan sanksi ini akan merusak ketahanan energi Hongaria. Menurutnya, Komisi Eropa tidak menawarkan solusi untuk masalah ini, Hongaria, jelas tidak dapat mendukung paket sanksi ini karena ini seperti bom atom yang dijatuhkan pada ekonomi Hongaria.

"Komisi Eropa harus menawarkan solusi untuk membiayai investasi dan mengkompensasi kenaikan harga yang memerlukan modernisasi total struktur energi Hongaria sebesar 15-18 miliar euro," kata Peter di Facebook.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...