Rusia Berencana Legalkan Mata Uang Kripto untuk Transaksi Ekspor Impor

Happy Fajrian
28 Mei 2022, 17:34
rusia, mata uang kripto, cryptocurrency
Unsplash/Executium
Ilustrasi mata uang kripto.

Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan penggunaan mata uang kripto atau cryptocurrency untuk pembayaran internasional. Hal ini seiring sistem keuangan tradisional Rusia terkena sanksi oleh negara Barat atas invasinya ke Ukraina pada akhir Februari lalu.

“Gagasan menggunakan mata uang digital dalam penyelesaian transaksi internasional sedang dibahas secara aktif,” kata kepala departemen kebijakan keuangan kementerian keuangan Rusia, Ivan Chabeskov, seperti dikutip Reuters, Sabtu (28/5).

Advertisement

Otoritas Rusia saat ini tengah bergulat tentang bagaimana mengatur pasar kripto di negaranya dan penggunaan mata uang digital. Kementerian keuangan Rusia menentang seruan bank sentral untuk larangan total.

Diskusi telah berlangsung selama berbulan-bulan dan meskipun pemerintah mengharapkan mata uang kripto dilegalkan sebagai alat pembayaran cepat atau lambat, sejauh ini belum ada konsensus yang tercapai.

Kementerian keuangan Rusia tengah mendiskusikan penambahan proposal tentang pembayaran internasional ke versi terbaru dari rancangan undang-undang yang telah disiapkan.

“Mengizinkan mata uang kripto sebagai sarana penyelesaian untuk perdagangan internasional akan membantu melawan dampak sanksi barat yang membatasi akses Rusia ke mekanisme pembayaran lintas batas tradisional,” kata Chebeskov.

Sementara itu Menteri perindustrian dan perdagangan Rusia, Denis Manturov mengatakan bahwa Rusia cepat atau lambat akan melegalkan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement