Harga Minyak Naik Tipis Setelah EU Kembali Gagal Sepakati Sanksi Rusia

Happy Fajrian
30 Mei 2022, 11:49
harga minyak, uni eropa, rusia, minyak mentah, rusia ukraina
Pertamina Hulu Energi

Harga minyak naik tipis setelah Uni Eropa (UE) kembali gagal mencapai kata sepakat untuk menghentikan impor minyak mentah dan produk olahan minyak dari Rusia, sebagai bagian dari paket sanksi keenam atas invasi negara tersebut ke Ukraina.

Harga minyak acuan Brent naik 0,4% ke US$ 119,89 per barel pagi ini, sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,5% ke US$ 115,67 per barel.

Hari ini (Senin 30/5) dan 27 negara anggota UE akan kembali berdiskusi selama dua hari, untuk menjatuhkan paket sanksi keenam yang diyakini akan memangkas dana perang Rusia dalam menginvasi Ukraina.

"Spekulan telah memposisikan diri untuk menyambut lonjakan pasar minyak pasca pertemuan Uni Eropa," kata Managing Partner SPI Asset Management Stephen Innes, seperti dikutip Reuters pada Senin (30/5).

Larangan lebih lanjut pada minyak Rusia akan memperketat pasar minyak mentah yang sudah tegang untuk pasokan di tengah meningkatnya permintaan bensin, solar dan bahan bakar jet menjelang puncak musim permintaan musim panas di Amerika Serikat dan Eropa.

Pemerintah Uni Eropa gagal menyepakati embargo minyak Rusia pada hari Minggu (29/5), tetapi akan melanjutkan pembicaraan tentang kesepakatan untuk melarang pengiriman minyak Rusia melalui laut sambil mengizinkan pengiriman melalui pipa, menjelang KTT pada Senin sore.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...