Aplikasi MyPertamina Dinilai Mampu Hapus Praktik Angkot Jual-Beli BBM

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Juni 2022, 15:15
bbm bersubsidi, pertalite, solar, angkot
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Petugas memeriksa berkas konsumen yang menggunakan kartu kendali saat mengisi BBM solar subsidi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (18/4/2022).

Rencana Pemerintah untuk mendistribusikan BBM bersubsidi Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina dinilai mampu mencegah praktik curang yang dilakukan oleh sejumlah okmum seperti angkutan kota (angkot) dan bus.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, mengatakan di lapangan masih ditemui praktik angkutan umum dengan plat kuning yang menjual BBM bersubsidi yang ia beli dari SPBU. Ini mayoritas dilakukan oleh angkot plat kuning milik pribadi atau individu.

"Ini cara yang cukup canggih. Kami kira ini perlu untuk mengatasi pemilik angkot pribadi yang beli bensin subsidi untuk dijual kembali karena di daerah tertentu angkot tidak laku lagi," kata Djoko kepada Katadata.co.id, Jumat (3/6).

Walau begitu, Djoko mengatakan pemerintah harus segara mensosialisasi sejak jauh hari sebelum aturan tersebut benar diterapkan. Hal ini untuk memberikan informasi kepada sebagian besar supir angkot yang belum memiliki akses ponsel pintar maupun yang belum cakap literasi digital. "Sosialisasi itu harus. Jelas," sambung Djoko.

Guna mengatasi kelimpungan saat penerapan di lapangan, khususnya pada kendaraan umum, pemerintah daerah (pemda) disarankan untuk mendorong seluruh kendaraan umum plat kuning menjadi berbadan hukum.

Hal tersebut dinilai efektif agar para supir angkot yang belum memiliki akses ponsel pintar maupun yang belum cakap literasi digital bisa memperoleh jatah BBM bersubsidi tanpa menggunakan aplikasi MyPertamina.

"Masak iya lembaga berbadan hukum masih gak dipercaya? Pemda segera lah itu menyusun angkot di daerah masing-masing untuk berbadan hukum," ujar Djoko.

Selain dirasa mampu mengatasi kebingungan sejumlah supir angkot dalam penggunaan aplikasi MyPertamina, angkot yang sudah berbadan hukum bisa menjadi pengawas sekaligus menghapus praktik kecurangan pemilik angkot pribadi yang menggunakan mobil plat kuning mereka sebagai penampung bisnis BBM bersubsidi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...