Embargo Minyak Rusia Kerek Harga Minyak Indonesia 7% jadi US$ 109,61

Happy Fajrian
3 Juni 2022, 16:45
icp, harga minyak
www.skkmigas.go.id
Rig pengeboran minyak lepas pantai.

Harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) bulan Mei naik US$ 7,10 per barel atau 6,93% menjadi US$ 109,61 per barel dibandingkan bulan sebelumnya US$ 102,51 per barel. Kenaikan ICP dipicu embargo minyak mentah dan produk minyak Rusia oleh Uni Eropa (UE).

UE melarang impor minyak mentah Rusia secara bertahap dalam enam bulan dan produk olahan minyak dalam delapan bulan sebagai sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina. Sanksi ini memicu kenaikan harga minyak mentah dunia.

“Harga rata-rata Minyak Mentah Indonesia untuk bulan Mei 2022 ditetapkan sebesar US$ 109,61 per barel,” bunyi diktum keempat Keputusan Menteri ESDM Nomor 54.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan Mei 2022, dikutip Jumat (3/6).

Berdasarkan ringkasan eksekutif Tim Harga Minyak Mentah Indonesia, kenaikan harga minyak mentah utama di pasar internasional dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama, embargo minyak Rusia oleh Eropa yang meningkatkan kekhawatiran pasar dan mengakibatkan semakin terganggunya pasokan minyak mentah global. Ini terjadi di tengah ketatnya di saat permintaan BBM dan bahan bakar jet menjelang puncak summer driving season di AS dan Eropa meningkat.

“Selain itu, keterbatasan pasokan minyak mentah global dikarenakan produksi OPEC+ lebih rendah 1,5 juta bopd dibandingkan kuota produksi,” dikutip dari ringkasan eksekutif tersebut.

Peningkatan harga minyak internasional juga dipengaruhi oleh permintaan. Berdasarkan laporan OPEC bulan Mei 2022, terdapat peningkatan proyeksi pertumbuhan permintaan minyak mentah dunia pada tahun 2022 sebesar 3,4 juta bopd, yang dihasilkan dari membaiknya aktifitas ekonomi, mobilitas dan industri secara global.

Permintaan akan minyak mentah OPEC direvisi mengalami peningkatan sebesar 100 ribu bopd, menjadi sebesar 29 juta bopd, lebih tinggi 800 ribu bopd bila dibandingkan 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...