Lifting Minyak Semester I Baru 87%, SKK Migas Pesimistis Capai Target

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Juli 2022, 17:19
lifting minyak, lifting migas, skk migas, lifting gas, produksi minyak
Katadata
Rig pengeboran migas lepas pantai.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatatkan realisasi lifting migas atau produksi migas siap jual semester I 2022 masih jauh di bawah target. Lifting minyak misalnya baru tercapai 614,5 ribu barel per hari (bph) atau 87% dari target 703 ribu bph.

Sementara, lifting gas mencapai 5.326 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) atau 92% dari target 5.800 MMSCFD. Adapun SKK Migas menetapkan proyeksi produksi lifting minyak tahun ini di angka 640.000 sampai 660.000 barel per hari (bph).

Advertisement

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, mengatakan tak tercapainya produksi minyak siap jual dari target tahun ini disebabkan oleh adanya unplanned shutdown di sejumlah Wilayak Kerja (WK) besar seperti proyek Jambaran Tiung Biru dan Tangguh Train 3.

"Ada beberapa hal yang mempengaruhi capaian target lifting ini mundurnya proyek-proyek besar," kata Dwi saat ditemui wartawan di Kantor SKK Migas pada Jumat (15/7).

Selain itu, faktor tekanan Pandemi Covid-19 juga menghambat produksi minyak di beberapa proyek. Adapun pada bulan Juni capaian produksi minyak per bulan Juni mencapai 618 barel per hari. "Ini tugas berat, bagaimana kita terget sebesar mungkin," sambung Dwi.

Dwi menjelaskan, adapun target lifting minyak pada tahun depan mencapai 660.000-680.000 bph. Keputusan tersebut sudah disepakati pada rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement