Revisi Aturan Pembatasan BBM Pertalite Ditargetkan Rampung Agustus

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Juli 2022, 13:04
pertalite, bbm, mypertamina, esdm, subsidi bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite di SPBU George Obos, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (5/7/2022).

Ujicoba pembatasan distribusi BBM bersubsidi, Pertalite dan solar, dijadwalkan akan dilakukan pada Agustus. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pembahasan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 yang mengatur pembatasan pembelian Pertalite akan segera rampung.

Beleid tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak tersebut salah satunya mengatur tentang pembatasan distribusi solar bersubsidi, namun belum mengatur pembatasan Pertalite yang baru ditetapkan sebagai jenis BBM penugasan khusus (JBKP) atau BBM bersubsidi pada Maret 2022.

Advertisement

"Kan sudah keluar izin prakarsanya, yakni untuk menginsiasi perbaikan revisi peraturan yang sebelumnya, disesuaikan dengan kondisi yang ada dan yang dibutuhkan. Insya Allah (Agustus), ini harus kerja cepat ini. Item-itemnya sudah ada," kata Arifin di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (27/7).

Arifin mengatakan bahwa BBM bersubsidi hanya diperuntukkan bagi para warga yang berhak. Pembatasan BBM bersubsidi juga dimaksud untuk menjaga daya beli masyarakat kecil dan menjamin ketersediaan pasokan BBM tahan hingga akhir tahun. "Kami jamin pasokan mencukupi, cuma itu ada kemungkinan worst case."

Pada kesempatan tersebut, Arifin mengatakan bahwa Kementerian ESDM akan fokus meninjaklanjuti peringatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait adanya potensi ancaman krisis pangan dan krisis energi.

"Terkait krisis energi dampaknya sudah terasa. Akan ada bahasan per minggu yang intens dan fokus pada isu per isu," katanya. "Untuk bisa mendapatkan jawaban dan soulsi yang harus diambil perintah akibat potensi krisis yang dirasakan."

Sebelumnya, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menargetkan pembelian BBM bersubsidi jenis solar dan Pertalite dengan aplikasi MyPertamina akan diuji coba pada Agustus mendatang. Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, skema subsidi tertutup ini akan dilakukan demi menghemat biaya kompensasi dan subsidi BBM.

"Kami mengharapkan bulan Agustus dan September bisa dilakukan uji coba. Harus ada sosialisasi dan uji coba terlebih dahulu," kata Erika dalam Energy Corner, Senin (6/6).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement