Negara G7 akan Terapkan Pembatasan Harga Minyak Rusia Mulai 5 Desember

Happy Fajrian
28 Juli 2022, 12:25
harga minyak, rusia, g7, ukraina, uni eropa
Dok. Chevron
Pengeboran minyak.

Kelompok tujuh negara terkaya di dunia alias G7 menargetkan untuk bisa menerapkan pembatasan harga minyak Rusia sebelum 5 Desember 2022. Itu bertepatan dengan mulai berlakunya sanksi Uni Eropa (UE) untuk menghentikan impor minyak mentah dan produk minyak olahan Rusia.

“Tujuannya di sini adalah untuk menyelaraskan dengan waktu yang telah ditetapkan UE. Kami ingin memastikan bahwa mekanisme pembatasan harga berlaku pada saat yang sama,” kata pejabat G7 yang meminta tidak disebutkan namanya seperti dikutip Reuters, Kamis (28/7).

Kelompok G7 yang terdiri dari Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Jerman, Prancis, Italia, dan Inggris mempertimbangkan sanksi pembatasan harga minyak mentah Rusia untuk memangkas pendapatan yang bisa digunakan Moskow untuk membiayai invasinya di Ukraina.

Sejak itu ada upaya untuk mengajak Cina dan India, dua negara pembeli terbesar minyak Rusia berkat diskon yang diberikan Moskow, untuk turut serta membatasi harga minyak Rusia.

“Kami telah mendengar dari sejumlah negara Asia yang tertarik untuk bergabung dengan koalisi atau lebih memahami titik harga di mana harga akan ditetapkan untuk memperkuat posisi mereka dalam negosiasi dengan Rusia terkait kontrak pembelian minyak di masa depan,” kata pejabat itu.

Dia menambahkan bahwa G7 akan mengumumkan harga pembatasan agar negara-negara lainnya dapat menegosiasikan harga baru dengan Rusia.

“Cina dan India tertarik dengan gagasan untuk meminimalkan biaya impor minyak mereka karena mereka khawatir tentang dampak anggaran melalui harga eceran yang sering disubsidi dan inflasi,” kata pejabat itu.

G7 menginginkan harga ditetapkan di atas biaya produksi Rusia, sehingga masih memberikan insentif bagi Kremlin untuk terus berproduksi, namun jauh di bawah harga pasar yang masih tinggi saat ini.

Dengan cara ini, Rusia akan menghadapi pilihan sulit, antara setuju untuk menurunkan harga namun tetap memiliki pendapatan dari penjualan minyak walau turun signifikan, atau tidak bisa menjual minyaknya dengan dimulainya embargo minyak mentah UE pada Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...