Kuota Pertalite Hanya Tersisa 3,55 Juta KL, Diperkirakan Habis Oktober

Muhamad Fajar Riyandanu
2 September 2022, 12:50
kuota bbm bersubsidi, pertalite, solar, bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Polisi melakukan inspeksi mendadak (sidak) transaksi penjualan BBM Subsidi di SPBU Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2022).

Pertamina melaporkan penyaluran BBM bersubsidi Pertalite hingga Agustus sudah mencapai 19,5 juta kilo liter (kl) atau 83% dari total kuota tahun 2022 sebanyak 23,05 juta kl. Sedangkan solar sudah mencapai 10,9 juta kl atau 74% dari kuota sebesar 14,9 juta kl.

Dengan demikian kuota yang tersisa untuk Pertalite hanya 3,55 juta kl (17%) dan solar 4 juta kl (26%) yang harus cukup hingga akhir tahun jika tidak ada penambahan kuota dari pemerintah.

Sektetaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan pihaknya akan tetap menyalurkan BBM bersubsidi ke SPBU sesuai rencana awal. Irto menjamin Pertamina tidak mengurangi penyaluran Pertalite dan Solar di tengah adanya wacana pembatasan distribusi BBM bersubsidi.

"Tidak ada pengurangan distribusi, penyaluran ke SPBU masih tetap sesuai rencana dan sesuai dengan kebutuhan. Sementara belum diberlakukan pembatasan," kata Irto melalui pesan singkat pada Jumat (2/9).

Aturan pendistribusian dan harga jual BBM bersubsidi Pertalite dan Solar bakal diatur dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) No.191 Tahun 2014. Aturan ini tinggal menanti tanda tangan Presiden Jokowi. Dalam aturan itu, skema penyaluran BBM bersubsidi bakal diseleksi dari kapasitas mesin kendaraan atau CC.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...