Viral Oktan Pertalite 86, Pertamina: Kalibrasi Alat Uji Tak Diketahui

Happy Fajrian
10 Oktober 2022, 13:40
pertalite, pertamina, bbm, oktan
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Beberapa hari ini ramai diperbincangkan unggahan di media sosial Twitter yang menunjukkan alat uji kadar oktan portabel pada BBM yang diduga sebagai Pertalite menunjukkan angka 86. Padahal Pertalite seharusnya berkadar oktan 90 atau RON 90.

Akun Twitter pengunggah foto tersebut, @yo2thok mengatakan dalam narasinya, “Pertalite RON 90 actual hanya RON 86,” dikutip Senin (10/10). “Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air”.

Advertisement

Dalam unggahannya ia juga menuliskan, “tanpa harus menjelaskan dengan detail, Pertamina sebenarnya sudah paham hanya dgn melihat gambar meja warna merah, botol ukur, serta alat uji Octane Portable ini punya siapa?

Beberapa warganet lainnya coba menyanggah unggahan @yo2thok. Seperti @agus_budi yang mengatakan bahwa alat portabel seperti itu tidak akurat karena untuk menguji angka oktan yang benar butuh alat lab.

Misal di Lemigas. Sekarang juga gak ada refinery produksi oktan 86. Kalaupun dioplos pakai apai yang harganya murah...dulu bensin dioplos minyak tanah karena harga minyak tanah murah (ada subsidi),” tulis @agus_budi.

Sedangkan warganet lainnya @Save_Maltese berargumen bahwa bagi kilang minyak atau refinery, menghasilkan produk dengan oktan rendah lebih mudah dan murah daripada menghasilkan BBM yang oktannya lebih tinggi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement