Hanya Hongaria Negara Eropa yang Masih Terima Pasokan Gas dari Rusia

Happy Fajrian
10 Oktober 2022, 16:00
gas rusia, eropa, uni eropa, nord stream, pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa gas.

Tiga dari empat jalur pengiriman gas dari Rusia ke Eropa berstatus offline atau tidak operasional. Hanya satu jalur yang tersisa yakni Turk Stream yang berakhir di Hongaria dengan kapasitas 31,5 miliar kubik meter (bcm).

Perselisihan antara Uni Eropa (UE) dan Rusia di sektor energi terus meruncing. Rusia telah menghentikan pengiriman gas ke Eropa melalui dua pipa gas utama, yakni Nord Stream 1 yang berkapasitas 55 miliar kubik meter (bcm) dan pipa Yamal Europe berkapasitas 33 bcm.

Pengiriman melalui Nord Stream 1 dihentikan oleh pihak Rusia sekitar satu bulan lalu, sedangkan melalui Yamal Europe sekitar bulan Mei 2022. Ada juga pipa Nord Stream 2 dengan kapasitas yang sama dengan Nord Stream 1, yakni 55 bcm, tak sempat beroperasi sejak dibekukan oleh Jerman beberapa hari sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Dengan demikian, satu-satunya jalur pengiriman gas yang masih beroperasi yaitu pipa Turk Stream yang melalui Laut Hitam dan wilayah Balkan dengan kapasitas 31,5 bcm. Pipa ini berakhir di Hongaria yang menjadikannya satu-satunya negara UE yang masih menerima pasokan gas alam Rusia.

Karena Rusia memperoleh pendapatan besar dari melonjaknya harga gas, ditambah dengan pengurangan besar-besaran dalam perdagangan lain dengan Eropa, Rusia dilaporkan tidak berniat untuk menutup pipa-pipa ini sepenuhnya.

Meskipun Hungaria masih menerima gas, harganya terkait dengan harga pasar, sehingga negara ini sangat menentang sanksi lebih lanjut terhadap Rusia karena akan semakin melambungkan harga gas. Simak databoks berikut:

Sebelumnya Perdana Menteri Hongaria Viktor Orbán mengumumkan konsultasi nasional mengenai sanksi Uni Eropa terhadap Rusia, dengan menanyakan warga apakah mereka mendukung sanksi atau tidak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...