Exxon Jajaki Peluang Kelola Blok Masela, Hasil Studi Dirilis November

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Oktober 2022, 18:16
blok masela, exxonmobil, skk migas, pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Perusahaan migas asal Amerika Serikat (AS), ExxonMobil tengah melirik peluang untuk mengambilalih pengelolaan Blok Masela.

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika Serikat (AS), ExxonMobil dikabarkan ikut meramaikan pengambilalihan hak partisipasi atau participation interest (PI) 35% milik Shell pada proyek Abadi LNG Blok Masela.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, mengatakan Exxon kini sedang melakukan studi lapangan. Hal serupa juga dilaksanakan oleh perusahaan Migas nasional, PT Pertamina. Menurut Dwi, hasil kajian tersebut bakal menentukan jumlah besaran hak partisipasi yang akan diambil.

Advertisement

"Exxon juga melakukan studi, bisa jadi potensi. Mudah-mudahan pada November Pertamina dan Exxon bisa menyampaikan laporannya," kata Dwi saat ditemui di Kantor SKK Migas pada Senin (17/10).

Walau sejauh ini baru dua perusahaan yang melakuan studi, konsorsium pengelola Blok Masela masih cair dan terbuka untuk dua sampai tiga perusahaan termasuk Inpex sebagai operator dan segera memastikan para kontraktor di Blok Masela pada akhir tahun ini.

"Pertamina harus memperhatikan posisi keuangan dan harus berteman dengan konsorsium lain dan itu dimungkinkan selain Inpex," ujar Dwi.

Selain ExxonMobil, perusahaan eksplorasi dan produksi migas Medco Energi juga berminat untuk mengambil 10% dari hak partisipasi pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement