BPH Migas Gandeng Kemendagri Kendalikan Konsumsi Pertalite dan Solar

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2022, 14:02
bbm bersubsidi, pertalite, solar, bph migas, kemendagri, pertamina
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022). Pemerintah menetapkan harga Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, Solar subsidi dari Rp5.150 per liter jadi Rp6.800 per liter, Pertamax nonsubsidi naik dari Rp12.500 jadi Rp14.500 per liter berlaku pada Sabtu 3 September 2022 mulai pukul 14.30 WIB.

BPH Migasdan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah menyepakati Perjanjian Kerja Sama yang berisi pengendalian konsumen BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

Perjanjian kerja sama itu mengatur tentang Pembinaan dan Pengawasan dalam Pengendalian Konsumen Pengguna Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) Solar dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Dalam kerja sama ini, Kemendagri diharap bisa memberikan dukungan dan fasilitasi atas pelaksanaan verifikasi dan rekomendasi terkait konsumen pengguna JBT dan JBKP dari Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota agar terintegrasi dalam sistem Informasi Badan Usaha Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian JBT dan JBKP.

Wakil Menteri Kemendagri John Wempi Wetipo menyampaikan dukungannya terhadap inisiasi bersama yang dilakukan pihaknya bersama BPH Migas. Dia menyampaikan, adanya perjanjian kerja sama ini diharap bisa mendukung pengawasan konsumen BBM bersubsidi.

"Kegiatan ini saya pandang cukup penting sebagai upaya bersama untuk mendukung pengawasan konsumen atau pengguna BBM bersubsidi agar tepat sasaran untuk masyarakat tidak mampu," kata Wempi Wetipo dalam siaran pers, Selasa (1/11).

Selanjutnya, Kemendagri dapat mendukung pengawasan atas pengendalian konsumen pengguna JBT dan JBKP yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...