Meski Sudah Ditambah, Kuota Pertalite Kini Hanya Tersisa 5,4 Juta KL

Muhamad Fajar Riyandanu
7 November 2022, 18:34
pertalite, pertamina, bbm, bbm bersubsidi, subsidi bbm, solar,
ANTARA FOTO/Budi Prasetiyo/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pramuka, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Pertamina melaporkan kuota BBM bersubsidi Pertalite hingga Oktober telah terserap 24,5 juta kiloliter (KL) atau 82% dari kuota tahun ini sebanyak 29,9 juta KL. Dengan demikian, sisa kuota Pertalite tinggal 5,4 juta KL.

Sementara solar telah mencapai 14,4 juta KL atau 81% dari kuota sebesar 17,8 juta KL, sehingga hanya tersisa 3,4 juta KL. Sisa kuota Pertalite dan solar tersebut harus mencukupi hingga akhir tahun, sebab pemeritah akan sulit untuk kembali menambah kuota jika konsumsi terus meningkat.

"Diharapkan sisa kuota BBM bersubsidi mencukupi hingga akhir tahun," kata Sektetaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting kepada Katadata.co.id, melalui pesan singkat pada Senin (7/11).

Sebagai informasi, jumlah kuota BBM bersubsidi yang tersisa saat ini merupakan hasil penambahan yang dilakukan oleh pemerintah pada awal Oktober lalu. Pemerintah menambah jatah kuota Pertalite sebanyak 6,86 juta KL dari kuota awal 23,05 juta KL.

Sedangkan, untuk solar ditambah 2,73 juta KL dari kuota awal tahun sebanyak 15,1 juta kl. "Dihimbau agar masyarakat dapat menggunakan BBM sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan di masing masing kendaraan," ujar Irto.

Seperti yang sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Pengatur Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas atau BPH Migas, Erika Retnowati, mengatakan penambahan kuota BBM bersubsidi bertujuan untuk menutup potensi kelangkaan BBM akibat lonjakan konsumsi hingga akhir tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...