Ekspor Oktober Melesat 12,3%, Ditopang Tambang dan Batu Bara

Happy Fajrian
15 November 2022, 15:57
ekspor batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan nilai ekspor pada Oktober 2022 mencapai US 24,81 miliar, naik 12,3% dibandingkan Oktober tahun sebelumnya. Salah satu pendorong kinerja ekspor Oktober yaitu sektor pertambangan dan lainnya, termasuk batu bara.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto, menjelaskan bahwa kinerja ekspor Oktober dengan bulan sebelumnya atau month to month (mtm) naik 0,13%. Ditopang oleh sektor migas yang tumbuh 4,93%; pertanian, kehutanan, dan perikanan 3,7% dan industri pengolahan 0,5%. Sedangkan tambang dan lainnya turun 2,18%.

Namun jika dilihat secara tahunan, kinerja ekspor ditopang oleh dua sektor utama yakni tambang dan lainnya yang tumbuh 31,8%, dan sektor migas yang tumbuh 29,2%. Sedangkan pertanian, kehutanan dan perikanan tumbuh 4,86% dan industri pengolahan 5,89%.

“(Ekspor) pertambangan secara month to month turun 2,18% utamanya didorong oleh bijih tembaga, bijih zirkonium, nobium, tantalum, seng, timbal, serta batu kerikil, ini yang menyebabkan komoditas dipertambangan mengalami penurunan,” kata Setianto dalam konferensi pers, Selasa (15/11).

Sedangkan ekspor batu bara, menurut catatan BPS pada Oktober nilainya mencapai US$ 4,41 miliar, naik 5% dibandingkan bulan sebelumnya US$ 4,2 miliar. Namun Setianto mengungkapkan bahwa kinerja ekspor batu bara lebih ditopang oleh kenaikan harga batu bara dunia, sama halnya dengan gas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...