RI Butuh Rp 2,8 Kuadriliun untuk Produksi Migas 1 Juta Barel pada 2030

Muhamad Fajar Riyandanu
23 November 2022, 10:50
migas, investasi, skk migas, produksi migas, produksi minyak
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas.

SKK Migas menyampaikan kebutuhan investasi jangka panjang di sektor industri hulu migas US$ 179 miliar atau lebih dari Rp 2,7 kuadriliun dengan asumsi kurs Rp 15.518 per dolar AS, untuk mencapai target produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) pada 2030.

Selain itu, proyeksi besaran investasi tersebut juga digunakan untuk pembangunan proyek memenuhi target emisi nol bersih dan produksi energi terbarukan, seperti pengembangan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG).

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan LNG akan memainkan peran penting di era transisi energi seiring meningkatnya kebutuhan pasokan gas alam yang mendesak di Eropa dan pertumbuhan populasi dan ekonomi di negara-negara Asia seperti India dan Indonesia.

“Sebagai negara yang memiliki pengalaman luas sebagai produsen LNG, Indonesia memiliki peluang yang sangat baik untuk menarik investasi. Investasi yang signifikan dan partisipasi aktif dari pelaku domestik dan asing diperlukan untuk mengoptimalkan potensi migas di dalam negeri,” ujarnya dalam sambutannya di agenda The 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) 2022, Rabu (23/11)

Menyadari hal tersebut, pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmennya untuk bekerja sama dengan para kontraktor lewat lima visi dan strategi utama, yaitu mengoptimalkan produksi lapangan yang ada, transformasi sumber daya kontingen menjadi produksi dan mempercepat Enhanced Oil Recovery atau EOR.

Lebih lanjut, pemerintah juga terus mendorong kegiatan eksplorasi migas dan percepatan peningkatan regulasi melalui One Door Service Policy (ODSP) dan insentif hulu migas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...