Dorong Hilirisasi, MIND ID Minta Setop Impor Olahan Timah dan Bauksit

Muhamad Fajar Riyandanu
24 November 2022, 17:16
hilirisasi, timah, bauksit, mind id,
ANTARA FOTO/Jojon/aww.
Ilustrasi pabrik pengolahan atau smelter mineral.

Holding BUMN pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), meminta pemerintah untuk menghentikan impor produk olahan dari timah seperti solder, dan bauksit yakni aluminium, guna mendorong penyerapan produk hilirisasi di dalam negeri.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, mengatakan selama ini pemerintah masih membuka kran impor pada produk olahan lanjutan komoditas timah dan bauksit berupa tin chemical, tin solder, dan aluminium. Hal tersebut dinilai berdampak pada minimnya serapa produk olahan hilirisasi di dalam negeri.

Advertisement

"Mohon dukungan regulasi untuk mendukung pengembangan industri hilirisasi di dalam negeri khususnya untuk adanya pengaturan tata kelola impor. Karena dari sisi Kemendag dan Kemenperin masih membolehkan impor. Paling tidak kita menutup pintu impor dari kegiatan tersebut," kata Hendi saat RDP dengan Komisi VII DPR, Kamis (24/11).

Hendi melanjutkan, langkah pemerintah yang masih membuka pintu impor untuk komoditas hilirisasi di dalam negeri berpotensi menghambat proses hilirisasi yang dilakukan MIND ID.

"Contohnya di aluminium, kami ingin sekali menjadi tuan rumah di negeri sendiri, akan tetapi kegiatan impor aluminium masih masuk ke Indonesia," ujarnya.

Selain meminta pemerintah menurup pintu impor pada sejumlah produk olahan lanjutan dari timah dan bauksit, Hendi berharap pemerintah juga memberikan insentif energi primer untuk bahan bakar pabrik pengolahan mineral atau smelter.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement