Hindari Blackout, Inggris akan Bayar Warganya agar Hemat Listrik

Happy Fajrian
24 Januari 2023, 16:17
blackout, inggris, listrik
Freepik
Ilustrasi, Gedung Parlemen Kerajaan Inggris.

Sekitar satu juta rumah tangga pelanggan listrik di Inggris, Skotlandia, dan Wales akan dibayar jika dapat melakukan penghematan konsumsi listrik. Ini merupakan skema yang disiapkan National Grid di Inggris Raya untuk menghindari blackout atau pemadaman listrik massal.

National Grid Inggris menyatakan bahwa Demand Flexibility Service, atau skema yang menawarkan diskon kepada pelanggan yang dapat melakukan penghematan listrik, telah dimulai pada Senin (23/1), pukul 17.00-18.00 waktu setempat dan akan dijalankan kembali hari ini pukul 16.30-18.00.

Musim dingin telah menyebabkan penggunaan energi meningkat karenasemakin banyak orang yang menyalakan pemanas. Selain menawarkan diskon pelanggan, National Grid Inggris juga mensiagakan tiga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara untuk mengantisipasi jika pasokan listrik hampir habis.

National Grid Inggris menyatakan bahwa penghematan yang didapatkan pelanggan melalui program ini bisa mencapai £ 20 atau sekitar Rp 370.000, tergantung besaran penghematan listrik yang dilakukan. Namun skema tersebut hanya tersedia untuk rumah dengan meteran pintar.

Menurut operator sistem kelistrikan National Grid, lebih dari satu juta rumah tangga dan bisnis kini telah mendaftar untuk ambil bagian dalam skema yang dijadwalkan akan berjalan hingga Maret 2023. Awalnya ada keraguan bahwa skema ini tidak akan cukup menarik minat pelanggan karena tingkat diskon yang ditawarkan dianggap terlalu kecil.

Namun kepala kontrol nasional di National Grid ESO, Craig Dyke, mengatakan bahwa selama sembilan pengujian sejauh ini, konsumen telah menghemat lebih banyak energi daripada perkiraan. “Bagi kami, itu bukti bahwa konsumen tertarik," katanya seperti dikutip BBC, Selasa (24/1).

Pada Minggu (22/1), National Grid Inggris memerintahkan tiga pembangkit listrik batu bara Inggris untuk mulai melakukan pemanasan jika diperlukan untuk menghasilkan listrik pada hari Senin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...